-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Pernah Alami Telinga Berdarah, Waspada dan Ketahui Penyebabnya!

Pernah Alami Telinga Berdarah, Waspada dan Ketahui Penyebabnya!

Seruan.id - Bagi seseorang yang pernah mengalami pendarahan pada telinga tentulah akan sangat menakutkan dan mengerikan hingga melahirkan paranoid berlebihan.

Oleh karena itu kita perlu tahu apa sebenarnya yang menyebabkan telinga sehingga mengeluarkan darah dan mengetahui tindakan pertama sebelum akhirnya kita pergi memeriksakannya ke dokter.

Jika pendarahan terjadi di bagian luar telinga, mungkin kita masih bisa mengetahui penyebabnya seperti sayatan atau karena cidera yang mungkin juga masih bisa atasi atau obati sendiri.

Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana jika pendarahan terjadi pada bagian dalam telinga dan disebabkan oleh sesuatu yang tidak kita ketahui.

Nah untuk mengetahuinya, berikut beberapa penyebab telingan berdarah yang mungkin dapat membantu kamu memahaminya.

Cedera Kulit Superfisial

Salah satu penyebab pendarahan telinga bagian luar adalah trauma ringan pada kulit telinga, seperti sayatan atau pun luka yang diakibatkan oleh goresan benda-benda yang dengan sengaja kita buat di telinga kita (tindik).

Saat mengalami hal seperti ini mungkin kita tidak akan terlalu kwatir karena kita mengetaui penyebabnya dan masih dapat mengatasinya sendiri walau kita akan merasakan sedikit perih dan kesakitan pada bagian telingan.

Cedera Kepala atau Trauma

Jangan sepela, cedera atau trauma berlebihan pada kepala kita ternyata dapat menyebabkan pendarahan pada telinga. Biasanya cedera seperti ini diakibatkan oleh kecelakaan, jatuh, ataupun cedera akibat olahraga ekstrem.

Lebih parahnya lagi, jika seseorang mengalami hal seperti ini dimana ia mengalami pendarahan telinga dan cedera otak mungkin dia akan mengalami geger otak, berikut gejalanya:

- Sakit kepala

- Telinga berdenging

- Pusing

- Mual dan muntah

- Kebingungan

- Kehilangan kesadaran sementara

- Lupa

- Lelah

- Gampang Marah

- Arik

Jika sudah mendapati gejala di atas, itu artinya seseorang membutuhkan dokter untuk perawatan serius. Karena bisa saja cedera kepala yang ia alami mengakibatkan patah tulang tengkorak, trauma marah, dan beberapa cedera serius lainnya.

Telinga Dimasuki oleh Benda Asing

Telinga sering kali jadi sasaran benda-benda asing yang tidak disadari oleh orang-orang, seperti anak kecil yang menempelkan permen pada telinganya, manik-manik, ataupun benda kecil lainnya, hingga serangga kecil yang doyan terbang ke arah telinga.

Hal tersebut ternyata dapat mengakibatkan telinga berdarah, infeksi, dan tentunya ketidaknyamanan. Semakin lama benda tersebut bertahan di dalam telinga, tentulah rasa tidak nyaman dan sakit yang diberikan semakin parah.

Infeksi pada Telinga

Gejala ini pada umumnya sering dialami oleh anak-anak dibanding orang dewasa, namun bukan berarti orang dewasa bebas dari gejala yang satu ini. Infeksi telinga bagian luar dan tengah juga dapat menyebabkan telinga berdarah.

Jika mengalami infeksi telinga, biasanya kita akan mengalami beberapa gejala seperti berikut;

- Demam

- Sakit kepala

- Kemerahan

- Kotoran telingan berlebihan

- Pembengkakan

- Perubahan pendengaran

- Sakit leher

Barotrauma

Barotrauma merupakan cedera pada telinga yang diakibatkan oleh perubahan tekanan dan ketinggian yang sangat cepat dari aktivitas, seperti terjun payung dan diving. Biasanya seseorang yang sedang barotrauma akan akan mengalami beberapa gejala berikut:

- Sakit telinga

- Tekanan di telinga

- Gangguan pendengaran

- Pusing

- Berdenging di telinga

Gendang Telinga Pecah

Seperti yang kita ketahui, gendang telinga merupakan selaput tipis yang memisahkan telinga tengah dan telingan luar. Tak jarang gendang telinga mengalami robek atau pecah yang disebabkan oleh tindakan yang tidak disengaja.

Jika seseorang mengalami gendang telinga pecah, biasanya akan mengalami beberapa gejala berikut:

- Sakit telinga

- Telinga berdenging

- Kotorang telinga berlebih

- Mengalami vertigo atau perasaan berputar

- Gangguan pada pendengaran

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment