-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Spektakuler! 6 Napi Palestina Kabur Dari Penjara Berkeamanan Tinggi Israel

Spektakuler!  6 Napi Palestina Kabur Dari Penjara Berkeamanan Tinggi Israel 

Seruan.id - Enam tahanan Palestina berhasil kabur dari penjara berkeamanan tinggi Israel dengan cara menggali lubang. Mereka lolos dari pengawasan karena penjaga sedang terlelap. Para pejabat menyebutnya sebagai pembobolan penjara terbesar oleh warga Palestina sejak 23 tahun silam.

Lima napi merupakan anggota Jihad Islam, sementara satunya lagi merupakan petinggi Brigade Martir Al Aqsa. Mereka mendekam di penjara Gilboa yang memiliki tingkat keamanan tinggi di Israel utara. Aksinya berlangsung pada Senin, 6 September 2021, dini hari.

Aparat Zionis telah mengerahkan ratusan personel, dibantu tentara dan dinas keamanan internal Shin Bet, untuk melacak jejak para napi yang kabur. Anjing pelacak ikut mencari mereka.

Menurut penyelidikan awal, seperti dilansir Al Jazeera, keenam tahanan pergi ke kamar kecil sekitar pukul 01:30 waktu setempat. Mereka lalu membuka lubang yang selama ini tertutup benda, dan loncat satu per satu.

Mereka merangkak menuju lubang lain, yang berada tepat di bawah menara pengawas. Di sana, seorang penjaga yang sedang bertugas tampak terlelap. Tak ada satu pun penjaga di ruang kontrol yang menyadari para tahanan itu telah kabur. Menteri Keamanan Israel Omer Barlev mengatakan, peristiwa ini baru terungkap dua jam kemudian—para napi mungkin telah sampai di wilayah Tepi Barat, Palestina.

Aksinya sudah terencana dengan baik. Oleh karena itu, kami menduga ada bantuan dari luar,” tutur Barlev. “Kami masih menyelidiki kasus ini. Kami akan kembali menangkap para buronan itu,

Para napi diduga kabur ke Jenin, kota di utara Tepi Barat yang merupakan tempat tinggal keluarga mereka. Di wilayah itu, Otoritas Palestina yang diakui secara internasional tidak memegang kendali. Kota tersebut dikuasai oleh milisi lokal. Milisi di Jenin sempat bentrok dengan pasukan Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Dugaan awal aparat menyebut para napi yang kabur menggali lubang pakai sendok berkarat yang disembunyikan di balik poster di sel mereka. Sejak itu terungkap bahwa mereka melubangi dinding dan menggali belakang wastafel untuk mencapai sistem drainase penjara. 
Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Post a Comment