-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Tiga Hari Menteri KKP di Sumbar, Sebut Potensi Perikanan Sumbar Luar Biasa

Tiga Hari Menteri KKP di Sumbar, Sebut Potensi Perikanan Sumbar Luar Biasa

Seruan.id - Selama tiga hari kunjungan kerja di Sumatera Barat (Sumbar), dari 2 hingga 4 Juni, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono, menilai budidaya perikanan di Sumbar memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. 

Diantaranya adalah potensi ikan kerapu di Pesisir Selatan dan juga ikan dewa (gariang) di Kabupaten Limapuluh Kota. Khusus untuk ikan gariang, menurutnya, potensi ikan ini bisa menjadi komunitas high at product di Sumbar untuk cepat dikembangkan ke 100 ribu ton produksinya yang kalau dihitung value-nya bisa sampai Rp1 Triliun.

Hal ini terungkap dalam jamuan makan malam bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Bupati/Walikota se-Sumbar serta kepala OPD terkait di Auditorium Gubernuran, Kamis (03/06/2021) malam. 

Menteri Sakti menyarankan potensi yang besar di Sumbar tersebut agar dikembangkan dengan orientasi ekspor dengan skala yang lebih besar. 

"Ikan kerapu itu permintaannya cukup tinggi di luar negeri dan potensi kerapu di Sumbar sangat bagus. Ikan tuna juga begitu, ada yellowfin dan bluefin tuna di Sumbar. Termasuk juga ikan lokal yang bisa dikembangkan dengan skala besar," ujar Menteri.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengapresiasi Kunjungan Kerja kementerian KKP yang turut serta membawa staf bahkan pejabat eselon 1 KKP. Ia menyampaikan akan lakukan arahan-arahan yang telah diberikan dan terus mem-follow up progresnya dengan koordinasi bersama Dinas Perikanan Provinsi Sumbar.

Semoga kedepannya apa yang telah Bapak Menteri saksikan dan lihat di Sumbar, bisa terus kita tingkatkan dan kita lakukan sesuai dengan arahan-arahan bapak tadi. Khususnya ikan dewa atau gariang, ibarat ikan salmonnya sumbar, fisiknya hampir sama. sesuai arahan Pak Menteri kita akan follow up juga tentunya, melalui koordinasi dengan Kepala Dinas Perikanan,” Ujar Audy.
Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Post a Comment