-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Sebelum Terblokir, Buruan Ganti ATM Gesekmu ke ATM Chip Terbaru!

Ilustrasi ATM Chips by RRI

Sebelum Terblokir, Buruan Ganti ATM Gesekmu ke ATM Chip Terbaru!

Seruan.id - Kabar terbaru beredar bahwasanya bank-bank akan melakukan pemblokiran terhadap kartu-kartu debit yang masih menggunakan sistem magnetic stripe. Oleh karena itu sejumlah pihak bank menghimbau nasabahnya yang masih menggunakan kartu ATM/debit berteknologi magnetic stripe untuk segera mengganti ke kartu debit berteknologi chip.

Tak hanya menentukan batas waktu untuk menukar kartu ATM tersebut, beberapa pihak bank juga tak lupa menginformasikan kepada setiap nasabahnya tentang tata cara penukaran kartu, beserta lokasi penukaran seperti yang dijelaskan seperti dibawah berikut;

BCA

Seperti yang diinformasikan bahwasanya kartu magnetik stripe BCA sudah tidak akan bisa lagi digunakan pada awal tahun 2022 nanti, tepatnya per 1 Januari 2022 mendatang.

Demi mempermudah nasabah mereka dalam menukarkan kartu, BCA mengadakan dua layanan penukaran kartu magnetik stripe, yakni yang pertama bisa melalui layanan customer service di setiap cabang BCA yang ada di seluruh Indonesia.

Selain itu, BCA juga membuka layanan penukaran kartu pada mesin CS Digital dengan self service pada beberapa lokasi tertentu yang bisa dijangkau di laman resmi BCA.

Bank Mandiri

Nasabah Bank Mandiri yang masih menggunakan kartu magnetic stripe dapat menukarkan kartunya di cabang Bank Mandiri terdekat. Perlu diketahui dan diinformasikan kepada setiap nasabah Bank Mandiri bahwasanya penukaran kartu ini tidak dikenakan biaya admin atau gratis.

Pada saat hendak menukarkan kartu, nasabah hanya perlu membawa kartu identitas diri serta kartu debit magnetic stripe yang akan ditukarkan.

Adapun waktu pemblokiran yang akan dilakukan oleh Bank Mandiri ada dua jadwal, yakni pada tahap pertama akan dilakukan pada 1 Juni 2021 mendatang dengan kartu yang memiliki expiry date 2023-2025 dan pada 1 Juli 2021 dengan kartu yang memiliki expiry date 2026-2030.

BTN

Pemegang katu non chip BTN dapat melakukan penukaran kartu di seluruh outlet  Bank BTN di seluruh Indonesia. Penukaran kartu ini sifatnya gratis dan tidak dikenakan biaya admin sama sekali.

BTN telah memutuskan bahwasanya mereka akan memblokir seluruh kartu non chip mereka pada 7 Juni 2021 mendatang. Namun jika kamu pengguna ATM Bansos, KTM dan Kartu ATM Cermat tidak perlu kwatir karena keputusan tersebut tidak berlaku.

Bank Danamon

Dalam akun Twiter resmi Bank Danamon, diinformasikan bahwasanya seluruh nasabah mereka harus melalukan penukaran kartu ATM mereka di kantor cabang Bank Danamon terdekat, karena mereka akan memblokir secara bersamaan kartu dengan sistem magnetic stripe pada 31 Desember 2021 mendatang.

BRI

Pihak BRI juga tak luput mengajak nasabah mereka untuk melakukan penukaran kartu karena mereka akan memblokir kartu ATM dengan sistem magnetic stripe pada akhir tahun ini. Mereka telah menginformasikan bahwasanya penukaran kartu dapat dilakukan di 9.000 unit kerja di seluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Dalam laporannya, BRI menargetkan bahwasanya nasabah BRI harus bisa mencapai migrasi kartu hingga 100% pada September 2021 mendatang, sebab saat ini mereka telah mendapai angka 82% dari total seluruh nasabah BRI.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment