Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Resmi, Hasil Sidang Isbat Putuskan Hari Raya Idul Fitri 13 Mei 2021

Resmi, Hasil Sidang Isbat Putuskan Hari Raya Idul Fitri 13 Mei 2021

Seruan.id - Hasil dari sidang Isbat oleh Kemenag akhirnya menetapkan bahwa 1 Syawal 1442 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. Hasil dari keputusan ini diambil berdasarkan sidang isbat yang digelar Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama menyebutkan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 88 titik dari Aceh hingga Papua di 34 wilayah di Indonesia. Dan dari 88 titik tersebut, tidak ada yang melaporkan telah melihat hilal.

"Maka berdasarkan hisab posisi hilal minus, dan secara rukyat hilal tidak terlihat, maka penetapan 1 Syawal di isti'malkan seperti dalam sidang isbat yang disepakati," Ucap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, pada Selasa (11/5/2021).

Perwakilan MUI juga menambahkan kalau memang benar 1 Syawal atau Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Sidang isbat penentuan Hari raya Idul Fitri 2021 tersebut digelar secara terbatas, baik daring maupun luring karena melihat Indonesia masih pada situasi siaga terhadap pandemi Covid-19.

Islam Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas sebelumnya juga mengatakan, kalau siding isbat tersebut telah sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang juga dibatasi, seperti hanya dihadiri oleh Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, tahapan dari sidang isbat tersebut dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu.

Tahapan Isbat

Sesi pertama dari siding isbat tersebut dimulai pada pukul 16.45 WIB, Hal yang dilakukan berupa pemaparan terhadap posisi hilal Awal Syawal 1442H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. Lalu setelah Magrib, sidang Isbat dilanjutkan dan dipimpin oleh Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Rukyatul hilal yang dilakukan oleh Kemenag adalah untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri pada 88 titik di seluruh Indonesia. Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

Analisa LAPAN

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa bulan Ramadan pada tahun 2021 ini berlangsung genap 30 hari. Maka dari itu Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

"Jadi pasti Ramadan 30 hari, Idul Fitri (jatuh pada) 13 Mei," ungkap Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin kepada, Selasa (11/5/2021).

Thomas Djamaluddin juga menihilkan kemungkinan jika pada sore nanti hilal akan terlihat. Pasalnya saat ini kondisi bulan masih terbenam.

"Saat Magrib nanti mustahil hilal terlihat, karena bulan sedang terbenam atau ketinggian minus. Kalaupun ada yang mengaku melihat hilal, hakim agama dan sidang Isbat akan menolaknya," Ucapnya

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment