-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Gempa Magnitudo 6,7 Mengguncang Wilayah Nias Barat, BMKG Meminta Warga agar Tetap Waspada

Gempa Magnitudo 6,7 Mengguncang Wilayah Nias Barat, BMKG Meminta Warga agar Tetap Waspada 

Seruan.id - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 6.7 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara, pada Jumat (14/5/2021) sekitar pukul 13.33 WIB. 

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi tersebut berkekuatan M 7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,7.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km. 

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan BMKG menunjukkan gempa ini tak berpotensi tsunami.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang berada di zona outer-rise," jelas kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Jumat (14/5/2021).

Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun. 

BMKG juga melaporkan adanya sembilan kali gempa bumi susulan (aftershock) di lepas pantai sebelah barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Kekuatan gempa susulan tersebut ada di kisaran magnitudo (M) 3,5-5,3 dari gempa sebelumnya, yakni M 6,7. 

"Gempa susulan sebanyak sembilan kali ini terjadi setelah gempa utama pukul 13.33 hingga 16.20 WIB. Dan gempa susulan diperkirakan masih akan terus terjadi," jelas Dwikorita. 

BMKG pun meminta kepada masyarakat di wilayah terdampak agar tetap waspada dan menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa. 

"Masyarakat diimbau tetap tenang tapi waspada, periksa bangunan tempat tinggal anda apakah cukup kuat apabila terjadi gempa susulan sebelum kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Related Posts
Pricilyahtjl
Writing is the art of creating life

Related Posts

Post a Comment