-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Salimah Bukittinggi Bertekad Melahirkan Para Penghafal Qur’an melalui Baitul Qur’an Salimah

Salimah Bukittinggi Bertekad Melahirkan Para Penghafal Qur’an melalui Baitul Qur’an Salimah 

Bukittinggi, Seruan.id – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Ahad kemarin (4/4/21) Departemen Dakwah PD Persaudaraan Muslimah(Salimah) Bukittinggi bekerja sama dengan Ikatan Da’I Indonesia (IKADI) Bukittinggi menggelar Tarhib Ramadhan secara online melalui zoom meeting.

Mengambil tema “Semangat Berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam Menjemput Keberkahan dengan Amal”, acara dihadiri oleh 186 peserta yang tidak hanya berasal dari Bukittinggi, tapi juga dari luar Bukittinggi seperti Agam, Padang, Lima Puluh Kota, Sijunjung, Depok, Bogor dan bahkan ada peserta yang berasal dari luar negri (Qatar).

Dalam ceramahnya Ustadz H. Abdul ‘Aziz Abdur Rauf, Lc, Al-Hafizh mengingatkan untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai titik tolak interaksi yang lebih intensif dengan Al-Qur’an. 

Hargai seperti apapun kesenangan kita dengan Al-Qur’an, kemudian bertahap perbaiki kualitas interaksi kita dengannya (red. Al-Qur’an),” papar pembina Markaz Al- Qur’an ini. 

Beliau menambahkan bahwa kualitas yang diharapkan adalah yang memberikan dampak tarbawi ke dalam diri dan memberikan sentuhan pada jiwa, bukan sekedar meningkatkan indahnya bacaan.

Pada sesi tanya jawab, Ustadz yang hampir setiap pagi memberikan kajian tafsir surat-surat dalam Al-Qur’an secara virtual melalui akun instagram pribadinya ini, menyampaikan bahwa kiat untuk mengahafal Al-Qur’an yaitu dengan membacanya berulang-ulang sebanyak mungkin. 

Jalani saja proses menhafalnya, yang penting ada niat dan semangat untuk menghafalkan Al-Qur’an,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PD Salimah Bukittinggi Selvika Wijaya meresmikan Baitul Qur’an Salimah (BQS) Bukittinggi yang telah terlebih dahulu menjalankan kegiatannya. 

Selvika menyampaikan bahwa BQS adalah salah satu program dari Departemen Dakwah yang dikomandani oleh Ustadzah Hayati. BQS yang terbentuk di kecamatan Mandiangin Koto Selayan ini bertempat di jl. Patanangan Komplek Arraudoh Kel. Kubu Gulai Bancah.

Program ini bertujuan untuk melahirkan para penghafal Qur’an di Bukittinggi dikhususkan untuk anak-anak dan kaum perempuan. 

Hadir dalam kegiatan peresmian ini Dewan Penasehat Daerah Salimah Bukittinggi Irma Hadi Surya, Meria Nelta, dan Murni Dian Rahmawati; Sekretaris PD Salimah Bukittinggi Adna Wita; Bendahara Debi Cinthia Dewi; Ketua Departemen Pengembangan Cabang dan SDM Rahmiwati dan anggota Afdini; Ketua Departemen Ekonomi Afnizar dan anggota Wasnina; Departemen Pendidikan Delfianti; Ketua Humas & Media Rahmadiah dan anggota Evi Yanti; Ketua PC Salimah Aur Birugo Tigo Baleh Hayati Syafri; Ketua PC Salimah Guguk Panjang Herlina Rasyid juga ibu-ibu yang hadir pada acara Kajian Tarhib Ramadhan hasil kerja sama PD Salimah Bukittinggi dengan IKADI Bukittinggi ini.

Di akhir acara penanggung jawab BQS Ustadzah Hayati menjelaskan bahwa program BQS anak-anak berlangsung setiap hari Senin sampai Sabtu sehabis Magrib sampai sebelum Isya. Kegiatan yang berlangsung di kediaman beliau ini diikuti oleh 15 orang anak. 

Sedangkan setiap Selasa sore sehabis Ashar program BQS ini diadakan di Mesjid Jami’ Tigo Baleh diikuti oleh ibu-ibu berjumlah 25 orang. Harapannya ke depan semakin banyak anak-anak dan kaum ibu yang ikut belajar Al-Qur’an dan menghafalkannya yang memang sesuai dengan program Pemerintah Kota Bukittinggi yaitu  1 kelurahan 1 pondok tahfidz Qur’an.

Rekaman pemaparan lengkap materi bisa disimak di link: https://youtu.be/DrRJe12kQ6s

Related Posts
Rio Friyadi
Suka mimpi jadi presiden

Related Posts

Post a Comment