-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Cek Penerimaan Bansos Bisa Dilakukan Lewat Website, Kemensos Wujudkan Transparansi Data Bantuan Sosial

Sumber gambar: Youtube Kemensos RI

Cek Penerimaan Bansos Bisa Dilakukan Lewat Website, Kemensos Wujudkan Transparansi Data Bantuan Sosial

Seruan.id - Kementerian Sosial melakukan pengontrolan terhadap data penerima bantuan sosial. Dalam pengontrol tersebut ditemukan lebih 21 juta data terdapat data ganda, diantaranya data nama ganda dan data menerima yang ganda. 

Data yang ganda tersebut ditidurkan sistem tanpa menghapus satu data yang asli. Terkait banyak data yang ditidurkan, Kemensos menyampaikan membuka usulan daerah terkait masyarakat yang pantas meneriman bantuan sosial.

Kemensos merilis New DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dalam mewujudkan transparansi data bantuan sosial. New DTKS dapat dicek secara online melalui https://cekbansos.kemensos.go.id

Laman tersebut dapat menampilkan penerimaan PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan BST (Bantuan Sosial Tunai).

BST (Bantuan Sosial Tunai) akan berakhir pada April dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) akan berakhir pada Desember.

Berikut langkah-langkah untuk mengecek penerimaan bantuan:
1. Kunjungi laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data
- Pilih Provinsi
- Pilih Kab/Kota
- Pilih Kecamatan
- Pilih Desa
- Isi Nama Sesuai KTP
- Isi Kode
3. Setelah semua sudah diisi dengan benar, klik cari.

Siapapun bisa memantau penerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan BST (Bantuan Sosial Tunai). 

Masyarakat yang merasa berhak menerima bantuan sosial dapat mengusulkan diri. Masyarakat juga boleh mengusulkan orang lain dan orang tersebut ngusulkan dirinya. Namun usulan tersebut akan dipadankan dengan data daerah. Usulan harus dari daerah.

Penyanggahan terhadap penerima bantuan sosial juga dapat dilakukan. Jika ingin mengoreksi penerima bantuan boleh juga. Kemensos menjamin pengoleksi dengan menyembunyikan beberapa nomor induk. 
Related Posts
Nataria Sinulingga
Kau adalah apa yang Tuhan mau dan yang kau tau.

Related Posts

Post a Comment