-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

UNTARA (Universitas Negeri Tapanuli Raya) akan Segera Disahkan?

Seruan.id - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, bertemu dengan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam untuk membahas rencana pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara), di Ruang Sidang Dirjen Dikti Kemendikbud Jakarta, Rabu, (24/03/2021). 

Dalam pertemuan tersebut, Nikson didampingi Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Indra Sahat Simare-mare dan Kepala Bapoeda Taput, Luhut Aritonang. 

Tim Pengkaji Pendirian Untara dari Universitas Sumatra Utara (USU), Prof Marlon Sihombing dan Tim Pengkaji dari Sucofindo, Vera Tobing juga turut hadir dalam pertemuan. 

Nikson menjelaskan bahwa kemendikbud mendukung dan menyetujui rencana pendirian Untara. 

Hal tersebut tertuang melalui surat bernomor 16336/MPK.A/HK/2021, tertanggal 10 Maret 2021, yang ditandatangani oleh Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai jawaban atas surat Sekretaris Kabinet RI No. B.0051/Seskab/PMK/02/2021 tertanggal 19 Februari 2021, tentang usul pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Dalam surat tersebut, secara jelas Nadiem mengatakan, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada prinsipnya mendukung rencana pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya melalui perubahan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Surat tersebut juga ditembuskan ke Menteri Agama, Sekjend Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lebih lanjut, Kemendikbud akan merencanakan Rapat Lintas Kementerian dalam pembahasan  pendirian Untara yang akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. 

Diketahui sebelumnya, Nikson mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk mengusulkan pendirian Untara pada 28 Januari 2021. Surat tersebut melampirkan kajian studi kelayakan pendirian Untara dari tim ahli USU dan kajian analisis dampak ekonomi dari PT Sucofindo. 

Selain itu, juga dilampirkan surat dukungan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting, Bupati dan Wali Kota sekawasan Tapanuli Raya, dan berbagai oroganisasi kemasyarakatan dan pemuda. 
Related Posts
Pricilyahtjl
Writing is the art of creating life

Related Posts

Post a Comment