Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Terkait Fenomena Tanah Meninggi, Ahli : Waspada itu Mungkin Mud Volcanoes

Sebelumnya Masyarakat setempat yang tinggal di Kabupaten Padang Pariaman dikejutkan dengan fenomena meningginya beberapa tanah kuburan di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung. Tinggi dari tanah kuburan tersebut bahkan mencapai hingga 1,5 meter.

Dian Hadiansah yang selaku Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar, mengungkapkan ada dua kemungkinan untuk hal tersebut, jika tidak buatan, maka kejadian tersebut adalah sebuah fenomena alam, ucapnya pada Sabtu (27/3/2021).

 “Saya belum ke lokasi, dilihat di video memang unik fenomenanya, karena hanya bagian 3 kuburan yang meninggi dan mencapai 1,5 meter. Ada dua kemungkinan pertama ini buatan, kedua memang fenomena alam,” ungkap Dian.

Dian menjelaskan, jika hal tersebut merupakan sebuah fenomena geologi, itu merupakan proses tanah mengembang.

“Di peta daerah sungai asam berada di satuan aluvial batuan,” jelasnya lagi.

Dian menjelaskan pada kesempatan tersebut, jika Aluvial adalah merupakan jenis tanah yang terbentuk karena endapan. Daerah endapan terjadi di sungai, danau yang berada di dataran rendah, atau cekungan yang memungkinkan terjadinya endapan.

Sementara itu jenis dari tanah aluvial tergolong sebagai tanah muda, yangmana terbentuk dari endapan halus di aliran sungai.

Fenomena dari meningginya tanah di daerah tersebut kemungkinan karena adanya sejenis batu lempeng yang mengembang, tapi pemicunya masih belum jelas, Dian Hadiansah menerangkan.

“Saya tidak mau mengaitkan ini ke hal mistis. Kemungkinan lainnya, ada gunung api lumpur atau mud volcanoes. Tapi saya belum bisa memastikan itu karena belum langsung terjun ke lokasi,” ungkap Dian, menjelaskan.

Dijelaskan lebih lanjut lagi, Bahwa gunung api lumpur atau yang biasa disebut dengan mud volcanoes merupakan sebuah fenomena ekstrusi cairan seperti hidrokarbon dan gas seperti metana.

“Saat ini saya hanya bisa memberikan keterangan berupa hipotesa. Kalau sudah diinvestigasi, kita bisa menyampaikan secara konkret. Saya akan segera ke lokasi untuk investigasi dengan ahli,” imbuh Dian.

Dian menyebutkan, bahwa kejadian ini merupakan hal baru dan unik. Namun, kepada masyarakat perlu waspada jika ini merupakan fenomenanya mud volcanoes.

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment