-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

KLB Konohagakure, Cacat Substansial dan Berujung Kematian


Pasca agresi besar-besaran yang dilakukan oleh pemimpin Akatsuki Pain ke Desa Konohagakure meninggalkan duka yang mendalam. Tidak hanya mengakibatkan kehancuran Desa yang amat parah, serangan dari Pain membuat pemimpin Konoha kala itu Tsunade koma dan tidak sadarkan diri.

Hokage kelima Tsunade mengalami luka yang cukup parah usai menyelamatkan warga Konoha dari kematian melalui jurus terlarang miliknya. Seperti diketahui, tragedy agresi yang dilancarkan oleh Pain membuat banyak shinobi dan masyarakat sipil yang terluka dan berguguran. Tsunade membelah katsuyu sebanyak mungkin sehingga menyelamatkan warga desa yang terluka dan berguguran.

Situasi ini dimanfaatkan oleh Danzo Shimura, seorang sesepuh shinobi di Konohagakure yang sudah lama berambisi menjadi Hokage. Danzo mengaku dirinya lebih layak menjadi Hokage ketiga ketimbang Hiruzen Sarutobi yang merupakan guru dari Hokage kelima Tsunade. Maka sakit yang dialami Tsunade memberikan kesempatan kepada Danzo untuk merebut jabatan Hokage dari tangan Tsunade.

Singkat cerita, berkumpullah para pimpinan Negara Api (Negara tempat Desa Konoha berada) untuk membahas agenda strategis menyelamatkan Desa Konoha. Pembahasan yang awalnya hanya membahas strategi pemulihan Desa yang amburadul akhirnya disela oleh Danzo untuk membahas penggantian Hokage terlebih dahulu. Setelah melalui dinamika yang cukup a lot, akhirnya Danzo yang meminta dirinya diangkat menjadi Hokage akhirnya Daimyo Negara Api menunjuk Danzo Shimura menjadi Hokage Keenam.

Akhirnya ambisi Danzo menjadi Hokage terpenuhi. Danzo memang benar-benar memanfaatkan momen serangan ke Konoha untuk melegitimasi dirinya menjadi Hokage. Terbukti disaat Tsunade memerintahkan katak bernama Myobokuzan yang ditinggalkan oleh tetua Katak di Konoha untuk memanggil Naruto yang sedang berlatih memperkuat jurusnya, ternyata Danzo membunuh katak tersebut. Alhasil, Naruto sampai di Konoha dengan terlambat dan Konoha sudah hancur dan berantakan.

Menggeser Tsunade menjadi Hokage bukanlah langkah yang sangat strategis kala itu. Mengingat peran Hokage masih bisa digantikan oleh pimpinan desa lainnya. Terlebih Tsunade sudah melakukan pengorbanan yang luar biasa untuk  desa Konoha. Beliau mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan seluruh warga Konoha yang terluka dalam pertempuran.

Namun penggulingan kekuasaan yang dilakukan oleh Danzo tidak berlangsung lama. Pasalnya Danzo harus berhadapan dengan Sasuke Uchiha dalam sebuah pertempuran. Sasuke yang memiliki dendam kesumat kepada Danzo pasca mendapatkan informasi dari kakaknya Itachi Uchiha berniat untuk membunuh Danzo dan beberapa pimpinan Desa Konoha lainnya. Akhirnya pertempuran hebat pun terjadi dan Danzo tewas dengan membunuh dirinya sendiri.

Apa yang terjadi pada Danzo dalam serial Naruto tersebut mengajarkan sebuah pelajaran yang berharga. Bahwa penggulingan kekuasaan yang dilaksanakan secara tidak sehat akan mengakibatkan malapetaka bagi pelakunya. Berhubung lagi marak-maraknya soal penggulingan kekuasaan yang terjadi pada sebuah partai, semoga tidak bernasib sama dengan Danzo

Related Posts
Rio Friyadi
Suka mimpi jadi presiden

Related Posts

Post a Comment