-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Anda Mahasiswa dan Sering Stress? Ada Baiknya Perhatikan Hal-Hal Berikut!

 

Ilustrasi Mahasiswa Stress by Liputan6.com

Anda Mahasiswa dan Sering Stress? Ada Baiknya Perhatikan Hal-Hal Berikut!

Tips, Seruan.id - Pada saat menjalankan liku-liku studinya yang panjang, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap mahasiswa kerap kali mengalami stress. Bahkan bisa dikatakan bahwa mahasiswa identik dengan kata stress.

Kebanyakan orang mungkin akan menduga atau mengatakan bahwa yang membuat mahasiswa stress pada umumnya adalah tugas dan laporan mereka yang berkecimbun. Terlebih tugas-tugas atau laporan yang sudah mendekati hari H sebelum dikumpulkan kepada dosen pembinanya.

Tidak terkecuali bagi mereka mahasiswa semester akhir, dimana tuntutan skripsi, penelitian yang tak kunjung selesai, dan susahnya ketemu dosen pembimbing diduga sebagai penyebab mereka mengalami stress.

Ternyata setelah dikulip secara detail, tugas dan laporan atau bahkan skripsi bukanlah satu-satunya hal yang membuat mahasiswa pada umumnya mengalami stress.

Ada beberapa hal yang tidak mereka perhatikan secara serius, dan tentunya hal tersebut akan membuat mereka mengalami keadaan yang tidak baik atau stress.

Apasih Penyebab Mahasiswa Mengalami Stress?

Ilustrasi by Harian Nasional

Perubahan Kondisi Pertemanan

Beberapa atau bahkan hampir semua mahasiswa akan mengalami hal ini, dimana pada masa akhir studinya akan merasa tertekan saat mereka sendiri, tidak punya teman baik, atau teman-teman mereka sudah melangkah jauh meninggalkan mereka.

Pada kondisi seperti ini, mahasiswa yang tidak bisa survive akan mulai menghilang dari peredaran dan bisa jadi meninggalkan atau membiarkan studinya terbengkalai.


Organisasi Penting, Tapi Kuliah adalah Tujuan Awal

Mahasiswa dengan type seperti ini memang terlihat keren dengan berbagai prestasinya di dunia eskul atau organisasi dan kepanitiannya. Namun siapa sangka, tugas kuliah yang menimbun adalah hadiah lain dari prestasi-prestasinya tersebut.

Pada umumnya, mahasiswa yang mengalami stress semacam ini adalah mereka yang telah memasuki dunia kampus selama dua atau tiga semester. 


Realita Tidak Sesuai dengan Ekspestasi

Kebanyakan diantara kita mungkin merasakan hal demikian, dimana setelah memasuki dunia kampus apa yang kita dambakan selama masih berstatus sebagai seorang siswa tak seindah yang kita dapati di dunia kampus.

Apa yang kita saksikan di layar kaca televisi kita ternyata tidak sesuai dengan kehidupan nyata kampus yang ngeri dan membutuhkan kerja keras dan perjuangan lebih.


Kondisi Keluarga

Ini adalah fakta paling nyata bagi sebagian besar penyebab mahasiswa menjadi stress pada saat menjalani studynya. Kondisi keluarga sangat berdampak bagi performa mahasiswa, baik itu dalam hal finansial, kebahagiaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan keluarga mereka.


Tuntutan Lingkungan yang Berlebihan

Hal ini tidak dapat dihindari lagi sebagai penyebab stressnya mahasiswa, dimana mereka dituntut untuk mendapatkan apa yang orang lain dapatkan, seperti halnya:

- Dituntut untuk mendapatkan beasiswa

- IP harus meningkat terus dari semester ke semester

- Orang tua minta lulus dengan IPK memuaskan

- Harus bisa bekerja di tempat yang diinginkan oleh orang tua (PNS/BUMN).

- Teman tongkrongan, sekosan, dan teman baik yang lulus lebih cepat 

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment