-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini? Berikut Penjelasannya!

 

Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka Hari Ini? Berikut Penjelasannya!

Seruan.id - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dibuka mulai Senin pada pukul 15.00 WIB, 15 Februari 2021 sampai dengan 24 Februari 2021 dalam portal LTMPT. 

Dalam mengikuti pendaftaran SNMPTN ini, ada beberapa ketentuan yang dimiliki sekolah maupun siswa.

Persyaratan sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya pada SNMPTN tahun ini yaitu, SMA/MA/SMK memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), memiliki akreditasi dengan ketentuan akreditasi A sebanyak 40 %  siswa  terbaik, akreditasi B sebanyak 25 % siswa terbaik, dan akreditasi sebanyak 5 % siswa terbaik di sekolahnya. 

Kemudian sekolah juga diharuskan untuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan harus eligebel sesuai dengan dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Eligebel yang dimaksudkan ialah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2021  dengan memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen paling lambat 23 Februari 2021, pukul 15.00 WIB dan termasuk dalam pemeringkatan telah  yang dilakukan sekolah.

Sementara persyaratan siswa yang dapat mendaftar seleksi ini adalah, siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 dengan memiliki prestasi unggul yaitu; memiliki prestari akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN; memiliki NISN dan terdaftar di PDSS; memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 yang telah diisikan di PDSS; dan peserta yang memilih program  studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Para peserta juga perlu memperhatikan aturan pemiilihan program studi SNMPTN 2021 di antaranya; setiap peserta dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN; jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya kemudian jika memilih salah satu program studi , dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun; dan disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Setelah seluruh persyaratan dipenuhi peserta  dapat mengikuti SNMPTN 2021. Tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 adalah login di portal LTMPT dengan memasukan email dan password yang telah didaftarkan, kemudian peserta mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil, lalu siswa mengisi pilihan prodi (program studi) pada halaman  pilihan.

Setelah itu,  siswa mengisi Portofolio pada halaman Portofolio (jika prodi yang dipilih bidang seni dan olahraga).  Selanjutnya peserta mengisi prestasi pada halaman Prestasi, lalu peserta melakukan finalisasi pada halaman finalisasi,. 

Setelah semua telah diiisi dan sudah benar, siswa dapat mengunduh dan mencetak kartu pendaftaran SNMPTN. Peserta yang telah mendaftarkan diri dalam SNMPTN 2021 tinggal menunggu pengumumun yang dijadwalkan pada 22 Maret 2021 pada pukul 15.00 WIB yang diakses menggunakan akun LTMPT siswa.
Related Posts
A-L-S
Jatuh dan Tenggelam Itu Sudah Biasa, Terbang Saja yang Tak Biasa

Related Posts

Post a Comment