-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Sering Gagal Menabung? Yuk Ikuti Cara menabung yang Unik di Bawah ini

 

Tips, Seruan.id - Menabung merupakan suatu budaya yang telah diajarkan kepada kita sejak dini. Berbabagi manfaat dan kebaikan dijelaskan kepada kita jika kita rajin menabung. 

Meski begitu, Menabung tidaklah mudah, karena banyak orang yang merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk menabung. Selain itu banyak juga yang beranggapan bahwa menabung itu memiliki beban tersendiri dalam melaksanakannya.

Kesulitan yang dihadapi banyak orang dalam menabung umunya karena menjadikan menabung itu sebuah beban,Namun jika kita menjadikan menabung sebagai kebiasaan, kedepannya akan banyak manfaatnya akan dirasakan.

Agar menabung menjadi lebih ringan dan mudah berikut ini adalah tips untuk cara menabung mudah yang unik dan efektif untuk Anda ikuti.

The Power of 20.000


Tips menabung yang di populerkan oleh seorang motivator bernama Ippho Santosa. Beliau membeberkan cara menabung mudah yang unik dan efektif yaitu Anda menyiapkan sebuah celengan dan menabungkan setiap uang Rp20.000 yang Anda temukan kedalam celengan tersebut.

Jadi, misalkan Anda berbelanja dan mendapatkan kembalian tiga lembar Rp20.000, maka semua uang Rp20.000 tersebut harus langsung Anda tabungkan. Atau jika Anda menemukan selembar uang Rp20.000 di dalam tas atau saku maka uang tersebut pun wajib Anda masukan kedalam celengan yang terlah dipersiapkan.

Cara tersebut terbilang efektif, coba Anda bayangkan. Misalkan dalam sehari Anda mendapatkan uang sebesar Rp20.000 sebanyak 3 lebar, dalam seminggu saja ada Anda sudah mengumpulkan sebesar Rp420.000. Dan dalam 30 hari tanpa disadari Anda telah mengumpulkan sebesar Rp1.800.000, loh! Cara ini ampuh untuk Anda yang cenderung malas menabung.

Menabung Terbalik Tanggal

Ingat menabung bukanlah penyisihan uang sisa, namun menyisihkan uang sebelum digunakan.

Cobalah tips menabung terbalik tanggal ini, misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 Anda menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya. Sampai pada akhir bulan tanggal 30 Anda memasukan uang Rp1.000 ke dalam tabungan yang terlah di isi sebulan penuh.

Dalam 30 hari saja Anda kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000. Lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya. Sesuaikan juga dengan ada berapa hari dalam satu bulan tersebut. Misalkan dalam satu bulan terdapat 31 hari, mulailah menabung pada tanggal 1 dengan nominal uang Rp31.000 yang disisihkan ke dalam tabungan Anda.

Kumpulkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh, Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Nah, belajar dari pepatah tersebut coba Anda kumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet setiap harinya.

Sediakan celengan dengan ukuran yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat. Anda pernah mendengar seseorang yang berhasil membeli kendaraan bermotor dengan uang receh?

Nah, cara seperti ini dapat dikatakan menabung mudah yang unik dan efektif juga memiliki dampak besar.

Menabungkan Uang Kertas Terkecil

Setiap hari Anda coba cek dompet, lihat uang kertas Anda dengan nominal terkecil dan tabungkan uang tersebut.

Ada baiknya Anda mengatur jam berapa Anda akan menabungkan uang tersebut. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktifitas seharian langsung cek dompet Anda.Dan terdapat uang Rp10.000 sebagai nominal terkecil dan segera tabungkan lah uang tersebut. Mudah bukan?

Investasikan Uang Anda

Cara ini juga sangat ampuh untuk berlatih menabung. Uang Anda tidak hanya di tabungkan saja, namun Anda dapat merasakan bunga dari hasil investasi tersebut. Jika Anda berpikir bahwa investasi hanya dapat dilakukan dengan nominal besar dan hanya cocok untuk orang yang memang sudah memiliki uang banyak saja, tentu pernyataan tersebut salah.

Terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat dimulai dengan nominal kecil. Anda dapat mencoba berinvestasi dengan sistem peer-to-peer lending. Investasi dapat dimulai dari nominal Rp100.000 saja, namun bunga hasil yang ditawarkan sampai dengan 23,32%.

Apalagi Anda memanfaatkan efek Compaunding, uang yang telah di investasikan dan telah menerima hasil bunganya kemudian diinvestasikan kembali yang akan mendapatkan bunga bergulung.

Bagaimana, menarik bukan? Sudah tidak ada lagi alasan yang mengatakan bahwa menabung itu sulit. Selamat menabung!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment