Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Apa Saja Tipe Karakter Manusia? Kamu Termasuk Karakter yang Mana?

Apa Saja Tipe Karakter Manusia? Kamu Termasuk Karakter yang Mana?

Seruan.id - Manusia pada umumya mempunyai beragam karakter dan sifat yang berbeda-beda. Ada yang mengenal dengan sebutan introvert, ekstrovert dan ambivert sebagai kategori kepribadian. Akan tetapi, ilmu Psikologi memiliki teori yang luas dan beragam-ragam.

Karakter dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Karakter atau watak juga dapat dimengerti sebagai sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran,

Secara umum, karakteristik manusia telah banyak digolongkan ke dalam berbagai kelompok yang berbeda. Kepribadian/karakteristik manusia juga bisa digolongkan menjadi empat kepribadian yang berbeda, yaitu sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris.

1.   Sanguinis

Sanguinis adalah tipe karakteristik yang paling banyak dimiliki manusia. Orang yang memiliki karakter sanguinis memiliki ciri kepribadian seperti, suka bersenang-senang, mudah bergaul dengan orang lain, punya energi yang besar, cenderung ekstrovert, aktif, optimistis, impulsif, punya selera humor yang baik, ekspresif, tidak ragu menunjukkan rasa sayang ke orang lain, perhatian mudah teralih ketika bosan, cenderung pelupa, kurang tertata, dan kompetitif.

Karakteristik sanguinis dikenal sebagai orang biasanya mendominasi pekerjaan di bidang olahraga, politik, dan bisnis.

2.   Melankolis

 
Orang dengan karakteristik melankolis, dikenal mendetail dalam segala hal.

Melankolis adalah orang yang cenderung mudah sedih dan berkaitan dengan sesuatu yang berkaitan dengan depresi. Akan tetapi dalam hal tipe temperamen, orang yang melankolis dikenal sebagai individu yang sangat berhati-hati. Orang yang memiliki kepribadian ini adalah tipe pemikir dan perfeksionis. Selain sifat tersebut, melankolis juga memiliki ciri lain, seperti, sangat detail, menjunjung tinggi kualitas, taat aturan, cemas jika berada di lingkungan baru, bisa agresif di saat-saat tertentu, cenderung introvert dan  tertutup, sangat logis, faktual, dan analitis dalam berpikir, selalu membuat rencana detail sebelum melakukan sesuatu, rapi, tepat waktu, tidak malu bertanya dan mencari tahu lebih dalam sebelum memutuskan sesuatu,  mudah curiga, dan teliti

Orang-orang yang melankolis cenderung sulit membangun suatu hubungan dengan orang lain, karena sulit percaya orang lain dan memiliki standar yang tinggi. Dalam hal pekerjaan, sifat yang dimiliki orang-orang melankolis membuat mereka cocok menjadi pemimpin. Teliti, detail, taat aturan membuat orang dengan tipe kepribadian ini seringkali terjun dalam bidang manajemen, akuntansi, dan administrasi.

3. Plegmatis

Orang dengan karakter plegmatis memiliki kebiasaan suka beramal dan pembawaannya yang selalu tenang.

Karakteristik plegmatis pada umumnya menghargai kedekatan antarmanusia. Sifat seperti ini juga sering disebut sebagai people person. Orang-orang plegmatis adalah pemerhati. Mereka senang menganalisis hubungan interpersonal antarmanusia, serta kejadian-kejadian di sekitarnya.  Ciri lain karakteristik orang dengan tipe plagmatis yaitu, pembawaannya tenang atau kalem, setia pada pasangan dan keluarga, selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan teman lama, cenderung menghindari konflik, sering jadi penengah dalam suatu masalah, senang beramal, sering ikut menjadi relawan, pasif, cenderung tidak punya ambisi, mudah setuju dengan keputusan orang lain, apabila bertengkar atau kehilangan kepercayaan, akan sulit dipulihkan, dan sulit beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Orang dengan tipe kepribadian ini, seringkali terjun ke profesi-profesi yang berhubungan dengan pelayanan, seperti perawat, guru, psikolog, atau pekerja sosial.

4. Koleris

Karakteristik koleris memiliki rasa percaya diri, cerdas, dan mandiri. Koleris merupakan tipe kepribadian yang memiliki kemauan yang besar dan sangat fokus pada tujuannya. Sifat-sifatnya yang lain juga menggambarkan hal serupa, seperti: cerdas, analitis dan logis, tidak terlalu ramah, lebih suka bekerja sendiri, tidak terlalu suka basa-basi, menyukai percakapan mendalam, lebih suka berkumpul dengan orang-orang dengan sifat yang sama, konsisten dengan tujuannya, percaya diri, ekstrovert, mandiri, cenderung keras kepala, kreatif, tidak mudah terbawa arus pergaulan.

Tipe kepribadian ini ialah tipe yang sangat jarang disbanding dengan tiga tipe sebelumnya. Kepribadian koleris jarang berempati kepada orang lain, tapi di saat yang bersamaan juga tidak mudah marah. Namun, mereka suka bicara apa adanya sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai suatu kemarahan, sementara tidak. Karakteristik koleris cenderung akan memilih bidang teknologi, statistik, teknik, dan pemrograman dalam bekerja.

Dalam mengenal dan memahami berbagai kepribadian/karakteristik manusia memang penting. Akan tetapi, kita juga perlu tahu bahwa pengelompokan tersebut bukanlah sesuatu yang pasti.  Jika kita ingin mencoba menebak karakter kita, tentu tidak ada salahnya. Selanjutnya jika Anda ingin tahu lebih jauh soal kepribadian secara tepat, sebaiknya berkonsultasilah dengan psikolog maupun psikiater.

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment