-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Dibuka April Mendatang, Begini Cara Mengisi Formasi Pendaftaran CPNS 2021

 

Ilustrasi: CPNS 2021

Dibuka April Mendatang, Begini Cara Mengisi Formasi Pendaftaran CPNS 2021

Tips, Seruan.id – Kabarnya pendaftaran CPNS 2021 akan segera dilangsungkan pada April hingga Mei 2021 mendatang. Sebagai kandidat yang sudah lama menanti hal tersebut, sudahkah sobat seru mengetahui cara mengisi formasi pendaftaran CPNS 2021?

Seperti kita ketahui, pendaftaran CPNS 2021 dapat dilakukan lewat Sistem Seleksi CPNS Nasional atau sscn.bkn.go.id.

Bagi sebagahian besar masyarakat Indonesia terutama anak muda, memiliki pekerjaan menetap dan jelas seperti PNS adalah hal yang paling diminati. Pasalnya menjadi seorang PNS akan membuat masa depan seseorang dan keuarganya terjamin karena memiliki gaji yang tetap dan tentunya memiliki tunjangan jaminan masa tua.

Nah pada CPNS tahun ini formasi yang ditawarkan tidak terlalu berbeda dengan formasi CPNS pada 2020 lalu. Formasi tersebut masih diprioritaskan pada bagian-bagian tertentu seperti tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga teknis.

Namun bagi formasi PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk  jabatan guru masih disesuaikan berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat seperti Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Pada CPNS tahun ini, kabarnya BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Nah untuk mengakomodasi hal tersebut, pengajuan usulan untuk formasi Guru PPPK telah diperpanjang oleh BKN hingga 31 Desember mendatang.

Hal itu tentunya sangatlah di tunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia mengingat pendaftaran CPNS sebelumnya ditiadakan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

 

Cara pengisian formasi CPNS 2021?

1. Silahkan buka dan login terlebih dahulu melalui sscn.bkn.go.id dan pilih instansi yang hendak ada lamar.

2. Jika instansi yang anda lamar muncul, ada baiknya periksa kembali pengumuman mengenai kapan instansi tersebut akan membuka pendaftaran.

3. Jika instansi yang anda lamar muncul, pilih jenis formasi sesuai dengan  yang di sediakan oleh instansi tersebut. Untuk melihat jenis formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.

4. Klik “pilih” dan isi form isian akan segera tampil di layar anda. Jika hendak mengubah instansi, anda dapat melakukannya dengan cara klik “ulang”.

5. Isi pendidikan sesuai dengan ijazah yang anda gunakan (terakhir).

6. Selanjutnya pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan muncul sesuai dengan pendidikan yang dipilih.

7. Tentukan lokasi formasi.

8. Pilih lokasi tes; hal ini tidak tersedia bagi semua formasi. Jika pilihan ini tidak ada, maka lokasi tes anda akan ditentukan oleh instansi.

9. Isi IPK terakhir sesuai dengan yang tercantum di transkirp nilai anda, misalnya 3.3, menggunakan tanda titik (.) dan dua digit dibelakang koma untuk formasi lulusan SMA/sederajat.

10. Untuk instansi yang meminta persyaratan skor tes Bahasa Inggris, silahkan pilih jenis tes yang ditentukan oleh instansi, seperti; TOEFL PBT, TOEFL IBT, IELTS, dan TOEIC (silahkan dipilih sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh instansi).

11. Masukkan nomor ijazah.

12. Masukkan tahun lulus sesuai denhan yang tertera pada ijazah.

13. Masukkan jenis perguruan tinggi (dalam negeri atau luar negeri).

14. Isi tanggal ijazah sesuai dengan yang tertera di ijazah.

15. Ketik nama sekolah untuk jabatan setingkat SMA/sederajat dengan mengisi nama sekolah sesuai dengan yang tertulis di ijazah.

16. Ketik nama universitas/perguruan tinggi  di kolom yang telah di sediakan (auto complete).

17. Jika nama universitas/perguruan tinggi tidak ditemukan, ketik nama universitas/perguruan tinggi sesuai dengan yang tercantum di ijazah.

18. Isi nama program studi (prodi). Jika prodi yang diinput terdaftar akreditasinya pada Ban-PT, maka data akreditasi akan segera mucul. Namun jika prodi tidak terdaftar di Ban-PT, maka pelamar diharapkan untuk mengisi secara mandiri akreditasi program studinya (A, B, C atau yang lainnya).

19. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil.

20. Kemudian klik selanjutnya.

Selesai.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment