-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Peran Pemuda Dalam Peningkat Ekonomi Pada Masa Pandemi


Oleh: Fatur Rahman / Institut Teknologi Bandung / 2020 

Seruan.id- Ekonomi merupakan suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Setiap kegiatan ekonomi berorientasi terhadap kemakmuran pemenuhan barang dan jasa. 

     Pada masa pandemi saat sekarang ini, ekonomi sangat berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan hidup setiap masyarakat. Sebab, ekonomi turun saat masa pandemi karena masyarakat tidak diperbolehkan melakukan kegiatan diluar rumah. Hal ini menuntut kita untuk membuat sebuah inovasi dalam ekonomi agar pada masa pandemi ekonomi tetap stabil hingga mengalami peningkatan eknonomi di masa yang akan datang. Peran pemuda sangat diperlukan dalam menjaga kestabilan ekonomi maupun meningkatkan ekonomi. Pemuda harus berpikir kritis dalam menangani berbagai aspek pada masa pandemi salah satunya bidang ekonomi. Pemuda harus membuat sebuah inovasi tentang permasalahan ekonomi karena pemuda sebagai generasi di masa yang akan datang dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Para pemuda harus memikirkan sebuah ide atau inovasi tentang ekonomi seperti memulai untuk jadi pengusaha, belajar untuk investasi, serta sebagai mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama kegiatan kuliah dalam memulai kegiatan berusaha agar para pemuda dapat turut aktif dalam menjaga kestabilan ekonomi maupun meningkatkan ekonomi pada masa pandemi. Pada akhir-akhir ini pemerintah telah mensahkan RUU cipta kerja. Namun, muncul berbagai polemik dikalangan masyarakat, sebab ada beberapa kalangan masyarakat yang tidak setuju RUU cipta kerja disahkan karena menyebabkan dampak negatif bagi masyarakat. Undang –undang cipta kerja tujuan utama nya iaiah meningkatkan investasi dan meminimalkan regulasi terhadap pengusaha menengah ke bawah. Tujuan undang undang cipta kerja ini terdapat beberapa dampak positif bagi masyarakat terutama bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pengusaha karena isi dari undangundang cipta kerja ini untuk meningkatkan investasi bagi pengusaha agar ekonomi pada masa pandemi ini tetap stabil bahkan dapat meningkatkan ekonomi bagi pengusaha. Dalam meningkatkan ekonomi pemuda dapat berperan sebagai investor dalam meningkatkan investasi bagi pengusaha. Pemuda dapat memulai membangun usaha sebab dengan disahkan nya undang-undang cipta kerja dapat memudahkan para pemuda mendapatkan perizinan usaha. Undang-undang cipta kerja dibentuk agar dapat memudahkan perizinan usaha bagi setiap orang yang ingin memulai berusaha. Sebelum adanya undang-undang cipta kerja setiap orang sangat mengalami kesulitan setiap memulai berusaha, karena mendapatkan izin berusaha harus melalui perizinan dari pemerintah daerah setempat. Biasanya agar izin usaha tersebut dipermudah orang yang ingin memulai berusaha memberikan uang istilah “ UANG PELICIN”. Hal ini dapat menyebabkan munculnya tindakan korupsi dari pemerintah daerah setempat. Adanya undang-undang cipta kerja dapat mempermudah setiap orang untuk memulai berusaha dan dapat meminimalkan regulasi dengan tindakan korupsi dari pemerintah serta para pemuda tidak takut adanya tindakan tersebut dan dapat memulai berusaha untuk meningkatkan perekonomian saat masa pandemi. 

   Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan ekonomi saat masa pandemi sekarang ini adalah pemuda dapat ikut secara aktif dalam menjaga kestabilan ekonomi bahkan dapat meningkatkan ekonomi dengan cara memulai membuat sebuah inovasi untuk berusaha, belajar untuk berinvestasi untuk meningkatkan perekonomian pengusaha dan mendapatkan keuntungan dari peningkatan ekonomi pengusaha tersebut, serta para pemuda dapat menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam membuat inovasi dalam berusaha seperti beusaha dalam bidang peternakan, bidang pertanian, dan bidang lainnya. 

   Kesimpulan yang dapat diperoleh iaiah peran pemuda dalam meningkatkan pereokonmian pada masa pandemi sangat penting, sebab peran pemuda sangat dibutuhkan dalam meningkatkan perekonomian dengan muncul nya berbagai ide maupun inovasi dalam perekonomian. Para pemuda dapat melakukan berbagai cara dalam meningkatkan perekonomian seperti memulai usaha, para pemuda berinvestasi pada perusahaan, serta menerapkan ilmu yang telah diperoleh seperti kegiatan kuliah, seminar, online workshop dalam memulai berbagai usaha. 

Adanya undang-undang cipta kerja diharapkan  pemuda dapat ikut serta dalam meningkatkan perekonomian. Sebab adanya undang-undang cipta kerja mempermudah para pemuda untuk memulai kegiatan berusaha dan para pemuda dapat ikut serta berinvestasi. Sehingga peran pemuda dalam meningkatkan perkonomian sangat diperlukan agar perkeonomian tetap stabil dan dapat mengalami peningkatan ekonomi di masa yang akan datang. 

Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Post a Comment