-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Dilarang Keras Penggunaannya, Ini Penjelasan Dokter Terkait Risiko Memakai Masker Scuba

 

Kesehatan, Seruan.id – Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda, penggunaan masker adalah salah satu cara paling dasar yang dianjurkan untuk menangkal penularan virus corona atau yang lebih kerap disebut Covid-19.

Namun beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Indonesia secara resmi melarang penggunaan beberapa jenis masker yang tidak layak pakai atau tidak efektif untuk menangkal virus corona, seperti masker jenis scuba dan buff.

Jika dilihat dari sisi medis, apakah pendapat dokter jika ditanyai mengenai hal ini?

Dokter, ahli bedah dan urologi, Prof. Dr. dr. Akmal taher, Sp.U(K), membernarkan hal tersebut, mengenai ketidak efektifan masker scuba dalam melawan virus corona. Ia sama sekali tidak menganjurkan orang-orang untuk menggunakannya.

Masker scuba memang sudah tidak kita anjurkan sama sekali,” ujar Prof. Akmal pada Kamis, (08/10/2020) lalu saat diwawancarai.

Bukan hanya tidak mengajurkan, Akmal juga menjelaskan alasan kenapa masker berbahan scuba tidak pantas digunakan menangkal virus corona. Ia mengatakan bahwa masker scuba memiliki pori-pori yang lebih besar, apalagi saat ditarik atau direnggangkan.

Dengan itu droplet akan lebih mudah tembus dan lebih mudah terbang. Maka dari itulah Akmal melarang untuk menggunakan masker berbahan scuba dan buff lagi.

Jadi jangan dipakai lagi masker seperti itu. Kalau saya menganjurkan buang saja, karena saya gak tahu apakah kalau dilapisi tisu dan sebagainya, seperti apa konsistensinya. Kalau pake itu akan cepat lepas dan sebagainya,” ujarnya Akmal.

Kita gak tahu semua itu, saya gak berani kasih advice apa-apa tanpa ada penelitian yang membuktikan itu bisa menolong,” sambungnya.

Disamping itu, sebagai gantinya yang paling efektif baik dari sisi keamanan, kenyamanan, dan juga saku. Akmal menyarankan untuk menggunakan masker kain tiga lapis.

Kain seperti itu akan lebih bagus. Yang efektif tiga lapis, jangan scuba yang stretch seperti itu. Cara pakainya yang betul, sebenarnya itu udah cukup. Kita gak usah terlalu kwatir dengan itu, karena dengan tiga lapis itu sudah dibuktikan memang itu bagus,” terangnya Akmal.

Diakhir sesi, ia mengingatkan bahwa pasien Covid-19 saat ini masih tinggi. Oleh karena itu, jangan lupakan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta Mencuci tangan.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment