-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Takut Terhadap Hal-Hal Tertentu? Mungkin Anda Mengidap Salah Satu Jenis Phobia, Cek Disini!


Seruan.id – Setiap pribadi tentunya memiliki rasa takut terhadap sesuatu hal, misal pada ketinggian, darah, berenang di laut, dan lain-lain.

Banyak orang yang menyebut ketakutan mereka dengan kata phobia, padahal setiap ketakutan memiliki sebutan dan makna tersendiri.

Lantas apasih arti kata “phobia” sebenarnya?

Jika dilihat dari KBBI, phobia memiliki arti “ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya”.

Sementara jika dilihat dari Wikipedia, phobia memiliki arti “rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena”.

Dari dua pengertian dua di atas, tidak ada satupun yang menyebutkan phobia itu takut pada hal tertentu secara spesifik. Lantas kenapa saat orang takut “ketinggian” berkata kalau dia itu phobia, atau saat seseorang takut “berenang di laut yang hijau” dia juga mengatakan jika dia phobia.

Nah jika anda takut pada sesuatu hal, mungkin anda mengalami atau menderita ketakutan yang berbeda pada orang lain. Jadi jangan pernah bilang kalau anda phobia saja ya sob.

Berikut beberapa jenis ketakutan dan istilah yang tepat untuk ketakutan yang anda derita, cekidot:

 

HEMOPHOBIA

Hemiphobia merupakan ketakutan atau rasa trauma yang dialami oleh seseorang ketika melihat darah. Biasanya ketika seseorang mengidap Hemophobia, dia akan pusing dan mual berlebihan jika melihat gumpalan darah segar.

Jadi, jika anda salah satu pengidap Hemophobia usahakan jangan mendatangi tempat atau acara-acara yang berhubungan darah ya sob.


ACROPHOBIA

Acrophobia merupakan ketakutan terhadap ketinggian. Seseorang dengan Acrophobia biasanya orang paling susah jika di ajak hiking mendaki tempat-tempat tinggi, memanjat tower atau gedung-gedung tinggi. Sebab mereka akan merasakan gemetar dan pusing yang luar biasa pada tubuh mereka.


NYCTOPHOBIA

Nictophobia merupakan ketakutan terhadap kegelapan dan semua suasana yang berhubungan dengan gelap.


BATHOPHOBIA

Bathophobia merupakan rasa takut yang dialami seseorang pada air yang dalam atau air berwarna biru gelap. Ketika berada pada posisi tersebut, biasanya mereka akan mengira jika ada sesuatu dari bawah yang akan menyeret mereka hingga ke dasar laut.


ASTRAPHOBIA

Astraphobia merupakan ketakutan terhadap kilat atau guruh. Seseorang dengan Astraphobia biasanya mengira setiap guruh yang berdendang akan menyambar mereka setiap saat.


COULROPHOBIA

Coulroprobia merupakan rasa trauma atau ketakutan terhadap badut dan make up tertentu. Seseorang dengan Coulrophobia tidak dapat merasakan nilai seni yang terdapat pada badut atau seni make up.


OPHIDIOPHOBIA

Ophidiophobia merupakan ketakutan terhadap ular dan hewan jelata lainnya. Seseorang dengan Ophidiophobia memiliki rasa ketakutan atau trauma berlebih terhadap ular dan hewan bersisik walaupun sudah dalam keadaan mati.


Nah itu dia jenis ketakutan dan artinya ya sob. Anda menderita ketakutan yang mana sob? Silahkan komen di bawah ya.


Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment