-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

SBY Kritik Jokowi: Jangan Sembarang Alokasikan APBN, Hutang Bisa Semakin Menumpuk


Seruan.id – Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih kerap disapa Bapak SBY akhirnya buka suara mengenai keadaan ekonomi Indonesia saat ini. Menurutnya, saat ini Indonesia masih berpeluang menyelamatkan keadaan ekonomi dari ancaman krisis.

Dalam arahannya, ia mengatakan bahwa pemerintah harus lebih cermat dan tidak sembarangan dalam mengalokasikan dana APBN selama pandemi Covid-19.

Pandai-pandailah mengalokasikan anggaran ABPN, apalagi kita tambah utang. Enggak ada budget, enggak cukup, utang masuk. Nah, ini harus betul, jangan kemana-mana, harus disiplin kita ini,” ujar SBY di Cikeas, Bogor, pada Selasa, (11/08/2020).

Ia juga mengatakan, dengan kondisi seperti ini, dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang tidak berkesudahan harusnya anggaran harus difokuskan pada bidang kesehatan agar penanganannya bisa berjalan dengan baik.

Mestinya alokasi ini untuk stop disease, alirkan ke dunia kesehatan, RS, APD, pelayanan kesehatan di seleluruh tanah air. Agar makin sedikit yang terjangkit dan akhirnya bisa mencapai angka nol, Insyaallah,” tambahnya.

Mengenai strategi, kebijakan, dan aksi dalam penanganan pemulihan ekonomi, ada baiknya menetapkan strategi yang tetap. Contohnya, memprioritaskan penanganan Covid-19 pada zona yang benar-benar membutuhkan.

Menurutnya, dengan demikian dampaknya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada daerah-daerah tersebut.

SBY juga mendorong pemerintah untuk lebih memerhatikan kelompok-kelompok yang terdampak Covid-19, seperti pelaku UMKM dengan memberikan bantuan sosial dan bantuan langsung tunai (BLT).

Semua yang ekonominya mati akibat PHK besar-besaran dikasih insentif supaya bisa membangkitkan ekonominya kembali,” imbuhnya.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment