-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Mengukur Elektabilitas Calon Bupati Samosir: Vandiko Mampu Merebut Hati Masyarakat?

Masyarakat Samosir berharap seorang pemimpin baru dan muda? 

Beberapa waktu lalu, tim seruan.id melakukan sebuah online polling dengan metode pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling dimana dalam pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. 

Selanjutnya, tim seruan.id membagikan link polling tersebut di media sosial FB dan Grup WA, dimana anggota dari grup tersebut merupakan masyarakat Kabupaten Samosir. 

Pertanyaan sederhana yang diajukan yaitu "Jika Pilkada Kabupaten Samosir dilakukan saat ini, siapa yang akan anda pilih?"

Jangka waktu yang ditentukan dalam pengambilan polling itu adalah selama dua minggu. 
Selama 2 minggu tersebut, terdapat 353 orang yang ikut berpartisipasi dalam polling tersebut dan memilih para calonnya. 

Dari hasil yang diperoleh, Vandiko Gultom yang merupakan anak baru dalam dunia politik dan sebelumnya tidak dikenal oleh Masyarakat Samosir, ternyata mampu menarik perhatian sebagian besar Masyarakat Kabupaten Samosir dalam perhelatan politik 5 tahunan ini. 

Dari 353 orang tersebut, 47,3% (167 orang) memutuskan untuk memilih Vandiko Gultom sebagai Bupati Kabupaten Samosir. 

Sementara 32% (113 orang) memilih petahana yaitu Rapidin Simbolon, dan 20,7% (73 orang) lainnya memutuskan memilih Marhuale Simbolon. 

Yang menjadi sorotan adalah Rapidin Simbolon yang sepertinya tidak mampu mempertahankan elektabilitasnya dalam menuju perhelatan politik 5 tahunan di Kabupaten Samosir. Hal ini patut menjadi evaluasi tersendiri bagi Rapidin Simbolon, apa saja yang sudah dilakukan selama menjadi Bupati Kabupaten Samosir? Serta Janji Politik apa yang belum direalisasikan oleh Rapidin Simbolon? 

Sementara Marhuale mendapat suara yang lebih kecil yaitu 20,7% yang kemungkinan besar adalah dari kalangan petani, mengingat visi Marhuane sendiri yang sangat berpihak kepada para petani di Kabupaten Samosir. 
Related Posts

Related Posts

1 comment