Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Akhirnya, Gaji Ke-13 PNS Cair Pertengahan Agustus

Ditengah Pandemi Covid-19 ada kabar gembira juga nih untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri dan Pensiunan bahwa gaji ke-13 akan dicairkan pada Agustus 2020.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Andin Hadiyanto mengungkap proses pencairan bahkan akan lebih cepat dari jadwal. Ia menyebut Gaji ke-13 ASN akan cair pada awal atau pertengahan Agustus 2020.

"Kami usahakan sebelum pertengahan bulan Agustus ini atau lebih cepat lagi," kata Andin melansir dari Tirto, Minggu (2/8/2020).

Andin menjelaskan, hingga saat ini proses pencairan tengah dalam tahap finalisasi. Wabah Covid-19 yang terjadi saat ini tidak akan menganggu jadwal pencairan gaji ke-13 ASN.

"Tidak ada gangguan pencairan akibat Covid-19. saat ini revisi PP dan PMK sedang difinalisasi ya," jelas dia.

Sebagai informasi, gaji ke-13 untuk PNS, TNI, Polri dan pensiunan akan cair bulan Agustus 2020. Pencairan gaji ke-13 itu diharapkan bisa memberikan stimulus pada pergerakan ekonomi yang sedang lesu akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjalaskan gaji ke-13 sebenarnya sudah dianggarkan dalam APBN 2020.

Pelaksanannya mengalami perubahan karena pandemi yang memaksa pemerintah untuk mengubah alokasi APBN terutama bagian belanja. Memasuki Kuartal II, Pandemi membuat keseluruhan perekonomian dan kegiatan-kegiatan baik dari sisi permintaan , konsumsi masyarakat, ekspansi investasi perusahaan semua mengalami tekanan yang sangat dalam.

Gaji ke-13 dan dana pensiunan diberikan dengan memperhatikan kebijakan pemberian THR 2020 (tidak diberikan kepada pejabat Negara) eselon I, eselon II, dan pejabat yang setingkat. Nilainya mencapai Rp 28,5 triliun, terdiri atas APBN Rp 14,6 Triliun (gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji Rp 6,73 Triliun dan Pensiun Rp 7,86 Triliun), serta APBD Rp 13,89 triliun.
Related Posts
Friska Sembiring
Friska Sembiring (Ekonomi pembangunan, Universitas Andalas)

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment