-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Indonesia Peringkat 3 Dunia Kasus Tertinggi, Jokowi Targetkan 2030 Bebas TBC

(Foto: doc. Biro Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo pada pembukaan Rapat Terbatas (ratas) mengatakan bahwa Indonesia masuk ke peringkat ketiga dengan kasus Tuberkulosis (TBC) tertinggi di dunia setelah India dan China.

"Perlu kembali saya ingatkan bahwa Indonesia masuk ke ranking yang ketiga kasus penderita TB tertinggi di dunia setelah India dan China dan TBC merupakan salah satu dari 10 penyakit menular yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia lebih besar dibandingkan HIV/Aids setiap tahunnya,"
kata Jokowi saat membuka ratas 'Percepatan Eliminasi Tuberkulosis (TBC)' yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (21/7/2020).

Presiden Jokowi juga menargetkan pengurangan TBC pada tahun 2030 hingga menuju bebas TBC.

"Oleh sebab itu kita juga memiliki target untuk pengurangan Tuberkulosis pada tahun 2030 ini menuju ke bebas Tuberkulosis," tambahnya. 

Dalam upaya penanganan TBC, presiden Jokowi meminta jajarannya untuk melacak secara masif warga yang mungkin terserang TBC sama halnya seperti pelacakan virus Corona.

"Untuk mencapainya saya minta diperhatikan beberapa hal saya kira seperti yang kita lakukan sekarang ini kita sudah memiliki modal untuk Covid yaitu pelacakan secara agresif untuk menemukan dimana mereka harus dilakukan. Ini mungkin kita nebeng ini kita juga lacak yang TBC. Dan kita harus tahu bahwa ada 845.000 penduduk penderita TBC dan yang ternotifikasi baru 562.000, sehingga yang belum terlaporkan masih kurang lebih masih 33%, ini hati-hati," ujar Jokowi. 

Jokowi menegaskan apabila perlu Perpres atau Permen akan segera juga diterbitkan agar penanganan dapat secara efektif dilaksakan.

Selain itu, Jokowi meminta layanan diagnostik hingga pengobatan TBC harus terus berlangsung, begitu juga dengan stok obat-obatan harus terus tersedia.

"Kalau perlu memang untuk Perpres atau permen segera terbitkan. Sehingga prinsip kita sejak awal temukan obati dan sembuh itu betul-betul bisa kita laksanakan seperti yang saya kira yang kita kerjakan terhadap Covid ini kita copy untuk TBC yang jelas ini apanya menjadi concern kita untuk menyelesaikan," sebut Jokowi.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment