-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Bikin Miris! Bill Gates Ungkap Fakta Baru soal Vaksin Covid-19

(Foto: AFP/Jeff Pachoud)

Bill Gates membeberkan sebuah fakta baru soal vaksin virus corona yang menuai perhatian publik. Dia mengungkapkan bahwa vaksin virus corona yang tengah dikembangkan kini ternyata tengah diborong oleh sejumlah kekuatan tertentu. 

Dia mengatakan seharusnya vaksin yang tengah dibuat harus diberikan kepada orang yang membutuhkan, bukan malah ke penawar tertinggi.

"Jika kita membiarkan obat-obatan dan vaksin pergi ke penawar tertinggi, alih-alih ke orang-orang dan tempat-tempat yang paling dibutuhkan, kita akan memiliki pandemi yang lebih lama, lebih tidak adil, lebih mematikan," kata Bill Gates, yang juga seorang pendiri Microsoft, dikutip dari Reuters.

"Kami membutuhkan para pemimpin untuk membuat keputusan sulit tentang distribusi berdasarkan ekuitas, bukan hanya pada faktor-faktor yang didorong pasar," tambahnya.

Pernyataan Bill Gates tersebut didasari oleh kekhawatiran bahwa negara-negara kaya akan lebih duluan mendapatkan vaksin yang selanjutnya membuat negara berkembang kesulitan mendapatkan vaksin. 

WHO sendiri telah memperingatkan persaingan tidak sehat dalam perebutan obat yang dipandang sebagai kunci untuk menyelamatkan nyawa dan memperbaiki ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, beberapa pejabat di Washington, Amerika Serikat telah mengindikasikan bahwa vaksin akan diprioritaskan untuk warga AS. Bahkan, AS sudah mengeluarkan biaya untuk membayar sejumlah perusahaan bioteknologi agar memberikan vaksin terlebih dahulu ke Amerika Serikat. 

Bill Gates mengatakan bahwa upaya memerangi HIV / AIDS bisa dijadikan contoh dalam menangani virus corona. Dalam kasus HIV / AIDS, dimana negara-negara bersatu sehingga obat bisa terdistribusi di sebagian besar dunia termasuk Afrika.

"Salah satu pelajaran terbaik dalam memerangi HIV / AIDS adalah pentingnya membangun sistem distribusi global yang besar dan adil ini untuk memberikan obat kepada semua orang," ujar Bill Gates
Related Posts

Related Posts

Post a Comment