-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Siap-Siap, 1 Juli 2020 POLRI Mengadakan Pembuatan SIM Gratis Seluruh Indonesia

Selama ini banyak yang mengeluhkan proses pembuatan SIM yang cenderung ribet dan biaya yang cukup besar.

Sehingga banyak masyarakat yang ogah untuk mengurus SIM, bahkan tidak lagi menjadi rahasia umum bahwa banyak masyarakat yang memilih jalan pintas dalam pembuatan SIM karena prosesnya yang cenderung lebih cepat.

Kabar gembira, pembuatan SIM per 1 Juli 2020 bakal diadakan seluruh Indonesia tanpa biaya atau gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Polri tidak akan memungut biaya atas pembuatan dan perpanjangan SIM dan program pembuatan SIM gratis ini berlaku secara nasional.

Program ini tidak dipungut biaya karena pembuatan SIM massal ini masuk dalam kategori penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Adapun syarat dan panduan dalam pembuatan SIM gratis ini adalah sebagai berikut;

Pembuatan SIM gratis ini hanya berlaku pada tanggal 1 Juli 2020 bertepatan dengan hari ulang tahun Bhayangkara ke -74 yang jatuh pada 1 Juli 2020.

Pembuatan SIM gratis berlangsung serentak di seluruh Indonesia pas pada 1 Juli 2020 bersamaan dengan HUT Bhayangkara,” kata Kasubdi Regident Ditlantas Polda Jawa Timur, Adhitya Panji pada Sabtu (13/06/2020).

Dalam hal ini, syarat-syarat lebih rinci perlu diperhatikan berdasarkan kebijakan-kebijakan daerah regional masing-masing.

Dilansir dari Polda Jawa Timur, pembuatan SIM gratis ini hanya berlaku bagi warga Jawa Timur yang memiliki tanggal lahir 1 Juli.

Satlantas Polres Kepulauan Sangihe juga menetapkan syarat yang sama, yakni pembuatan SIM gratis hanya berlaku bagi warganya yang berulang tahun pada 1 Juli.

Syarat yang sama juga berlaku di Polres Pelabuhan Makassar, Polrestabes Bandung, dan Polres Pangkal Pinang.

Dilansir dari Korlantas.polri.go.id, Kasat Lantas Polres Pangkal Pinang AKP Sriyadi menambahkan layanan pembuatan SIM gratis ini hanya dikhususkan bagi masyarakat yang kurang mampu seperti sopir angkutan dan tukang ojek.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment