-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Disebut Mampu Atasi Corona, Apa Sebenarnya Manfaat Minum Tuak?

(Gambar: Kompasiana.com

Tuak adalah sejenis minuman beralkohol Nusantara yang merupakan hasil fermentasi dari nira (enau), beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula (Wikipedia).

Tuak merupakan minuman dengan kadar alkohol yang rendah, bahkan lebih rendah dari bir dan anggur sekalipun.

Walaupun hanya memiliki kadar alkohol yang rendah, jangan salah, tuak juga bisa memberi efek memabukkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Namun selain memberi efek memabukkan ternyata tuak juga mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam ramuan tuak, seperti; berbagai vitamin, protein, mineral, karbohidrat, fosfor, kalsium, saponin, sukrosa dan kandungan baik lainnya.

Adapun manfaat meminum tuak dalam takaran yang pas bagi tubuh adalah sebagi berikut;

Sebagai Obat Penenang
Apabila anda mengalami masalah sulit tidur (imsomnia), anda dapat mengkomsumsi minuman ini dengan takaran yang pas karena akan memberi manfaat sebagai obat tidur.

Mengatasi Sembelit
Hal utama yang menyebabkan terjadinya sembelit adalah kurangnya serat dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, jamu pahitan atau tuak bisa mengatasi hal tersebut. Jika anda mengomsumsinya dengan rutin dan dosis yang wajar maka sembelit dapat teratasi.

Menurunkan Demam
Tuak bermanfaat menurunkan demam pada anak dan orang dewasa. Demam terjadi karena melemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi minuman ini dapat menurunkan demam yang tinggi.

Memberikan Efek Kehangatan dan Kesegaran
Apabila anda mengalami kedinginan, maka minuman ini mampu memberikan kehangatan pada tubuh serta kekuatan. Namun walaupun demikian, penulis tidak anjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan.

Melancarkan ASI
Apabila terjadi oksidasi pada ibu menyusui maka produksi ASI pada ibu akan berkurang dan kualitas ASI akan menurun. Oleh karena itu, mengkonsumsi tuak juga sangat baik untuk ibu menyusui karena kandungan yang ada dalam tuak berguna untuk mencegah perubahan atau oksidasi selama menyusui.

Menghilangkan Stress
Bagi anda yang sering mengalami perubahan suasana hati, maka minuman ini adalah pilihan yang tepat karena akan memberi efek relaksasi dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Obat Tradisional untuk Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Maka untuk itu, mengkomsumsi tuak secara teratur dengan dosis yang rendah dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh anda.

Menjaga Kesehatan Tulang
Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat membutuhkan vitamin untuk kepadatanya. Seiring bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan semakin menurun dan rapuh. Dengan mengkonsumsi tuak, maka akan memberikan penjagaan terhadap tubuh dan kepadatan tulang.

Menyembuhkan Sariawan
Minuman ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Maka bagi penderita sariawan sangat disarankan untuk mengkonsumsi tuak dengan dosis yang rendah agar virus yang menyebabkan sariawan dibunuh dan mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, juga akan membuat anda bebas dari panas dalam dan bau mulut.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Apabila sistem pencernaan anda bermasalah maka akan mempengaruhi sistem pencernaan tubuh lainnya. Kandungan yang terdapat dalam tuak mampu mengatasi masalah pencernaan yang membuat tubuh anda jauh dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa manfaat tuak yang tim Seruan.id rangkum dari berbagai sumber. Apabila anda mengkonsumsi tuak, minumlah dalam batas yang wajar karena hal itu akan memberi banyak manfaat yang baik bagi tubuh anda.
Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment