-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Indonesia Jalin Kerja Sama dengan China dalam Pengembangan Vaksin Virus Corona

Vaksin Covid-19 saat ini menjadi sesuatu yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh semua penduduk dunia. Mengingat, sampai saat ini data terkonfirmasi positif Covid-19 di seluruh dunia mencapai 7.273.958 kasus dengan total kematian mencapai 423.372. Sedangkan di Indonesia sendiri, data yang terkonfirmasi positif mencapai 35.295 kasus, dengan 2.000 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia (Data diambil dari covid19.go.id, update 11 Juni 2020).

Dalam upaya pengembangan vaksin Covid-19 tersebut, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pada saat ini Indonesia menjalin kerja sama dengan China.

"Upaya untuk mengembangkan vaksin juga melalui kerja sama bilateral dengan pemerintah China melalui perusahaan Sinovac," ujar Wiku pada saat menyampaikan keterangan pers di hadapan media luar negeri di kanal youtube sekretariat Presiden, Kamis (11/6/2020).

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian telah mengatakan bahwa "Tiongkok bersedia berkomunikasi dengan Indonesia dalam pengembangan vaksin bersama," pada hari Selasa (5/5/2020) lalu dalam jumpa pers virtual di Jakarta.

Wiku juga menambahkan bahwa pemerintah saat ini terus berupaya untuk mengembangkan vaksin yang sesuai dengan karakteristik virus corona di Indonesia. Penelitian tersebut dilakukan oleh Lembaga Eijkman dan Universitas Airlangga.

"Sejumlah penelitian yang dilakukan Lembaga Eijkman dan Universitas Airlangga menyesuaikan dengan karakteristik virus corona di Indonesia," tambahnya.

Sampai saat ini, diketahui sudah ada 115 kandidat vaksin dari seluruh dunia untuk virus corona. Delapan diantaranya sudah siap untuk diuji klinis, dan dua kandidat sudah siap untuk dilakukan pengujian di Indonesia. 
Related Posts

Related Posts

Post a Comment