-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Batu Marsiompaan, Wisata Eksotis Baru yang Viral di Samosir Dikira EDITAN Photoshop


Samosir – Sumatera Utara, Samosir merupakan sebuah kabupaten dengan sejuta keindahan tempat wisata yang tak ada habisnya.

Bagaimana tidak, setiap tahunnya daerah yang berada di tengah Danau Toba yang merupakan danau terluas di Asia Tenggara ini selalu melahirkan tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata dengan keindahan yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Negeri Indah Kepingan Surga

Motto yang di terapkan oleh Pemda Samosir untuk memajukan pariwisata di Samosir, entah dari mana dan kenapa kepikiran dengan kata-kata tersebut. Namun sepertinya memang hanya kata-kata itulah yang bisa kita ungkapkan saat tiba dan berada di Samosir untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan olehnya.

Baru-baru ini juga sedang viral sebuah tempat wisata baru yang tak kalah indah dengan tempat wisata indah lainnya di Samosir.

Bahkan lebih indah dan sangat indah sehingga akan menghipnotis setiap pengunjung yang datang kesana.

Saking indahnya, banyak masyarakat dan netizen yang mengira kalau tempat wisata tersebut tidak nyata dan hanya editan photoshop semata yang kemudian di post di media sosial milik salah seorang warga Samosir.

Awal mula kejadiannya adalah saat Reviana Rumahorbo (pemilik gambar) memosting foto-foto dirinya saat mengunjungi wisata Batu Marsioppaan yang sangat indah dengan caption yang menjelaskan dimana ia berada. Reviana Rumahorbo juga menyertakan dan menjelaskan sejarah asal usul Batu Marsiompaan yang sedang viral tersebut.


Batu marsiompaan, merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Samosir, Dalam cerita Rakyat Batu ini menjadi salah satu bukti atau menjadi tanda bahwa hubungan Sedarah itu tidaklah dapat berlansung dari kehidupan Masyarakat Batak. Dalam cerita Rakyat tersebut dikatakan Bahwa Batu Marompa ini bermula Ketika Sepasang Kakak Beradik menjalin Asmara. Semenjak Kecil kedekatan mereka terlihat berbeda dari hubungan kakak adik seperti orang lain, Alahasil kedua orang tua mereka bersepakat untuk memisahkan mereka, Kakak diantar kerumah Paman (Tulang) dan adik perempuannya tetap berada dirumah dengaan harapan mereka tidak bertemu lagi. Namun hal itu semua sia sia, Sepasang kakak beradik ini berusaha untuk saling bertemu kemanapun mereka pergi, hingga suatu hari mereka pergi kehutan untuk mencari kayu bakar bersama dengan kelompok masyarakat lainnya, namun ditengah pencarian kayu bakar mereka menjauh dari kelompoknya sehingga kuat dugaan mereka melakukan hubungan asmara di hutan, hingga malam tiba, mereka tak kunjung juga pulang. Keesokan harinya orang tua mereka pergi mencari kehutan dan menemukan jejak mereka yang sudah berubah menjadi Batu yang bertindih (marompa). Cerita ini juga mengingatkan kepada kita masyarakat batak supaya kita yg marito (semarga) tidak saling menikah” tulis Reviana pada Jumat (19/06/2020), menjelaskan sejarah yang ada dalam wisata Batu Marsioppaan yang sedang viral tersebut.

Cerita rakyat ini pun menjadi salah satu dijadikan narasi wisata, jelas saja, keberadaan batu Marsiompaan ini berada di Desa Tamba Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir. Perjalanan menuju ketempat ini juga tidak tergolong mudah seperti kita bepergian ke pantai pantai di Danau Toba. Tempat ini bisa ditempuh dari Tomok Menuju Pangururan lalu menuju Pelabuhan tarabunga, setelah itu kita akan menyebrang menuju titik mendaki menuju Batu Marsiompaan. Jalanan yang terjal, dan tergolong tinggi tidak akan terasa menghalangi, karena pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan sangat mempesona, bisa dikatakan kita tidak akan menyadari lelahnya perjalanan menuju Batu Marompa karena kita akan terbawa kepada ketenangan dari indahnya pemandangan di Seputaran Danau Toba” tambah Reviana menjelaskan letak dan bagaimana menuju tempat tempat wisata tersebut agar bisa dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Samosir, Danau Toba.

Terkejut dengan keindahan yang suguhkan oleh wisata Batu Marsioppaan dalam foto-foto yang diposting oleh Revina Rumahorbo, banyak warganet yang mengira bahwa foto tersebut tidak nyata dan hanya editan photosop semata.

Bukan hanya dikira editan, namun Reviana Rumahorbo juga sempat menerima hujatan akibat postingan tersebut.

Itu di Bali ya?” tanya AG (inisial) sebab tak menyangka wisata Batu Marsioppan berada di Samosir.

“Editan abis” tulis JS dalam kolom komentar postingan Reviana.

Betulkah ada tempat seperti ini di Samosir?” tanya AS, tak percaya dengan apa yang dia dilhat pada postingan Reviana.

Saya mau taruhan dengan yang post kalo foto ini editan” RS mengajak Reviana tahuran mengira foto tersebut adalah editan.

Nampak kali editannya tok” ejek TF terhadap Reviana.

Nice edit, tapi kurang rapi” ejek SJ pada postingan Reviana.

Banyak kali yang bilang editan. Kalo tidak salah inikan di atas Desa Tamba Dolok” SS membela Reviana karena banyak yang mengira bahwa foto yang ia post adalah editan.

Tak terima banyak yang mengira foto yang ia post editan, akhirnya Reviana Rumahorbo selaku pemilik fotopun buka suara dan membuktikan bahwa foto-foto dirinya di tempat wisata Batu Marsioppaan itu benar adanya dan tempat itu asli seperti apa yang ia posting di media sosial.

Reviana juga mengatakan bahwa ia hanya mengedit pencahayaan pada fotonya agar terlihat lebih indah dan tidak lebih.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2642948435990378&id=100008257423618

Mohon maaf nih buat teman2 atau netizen yg bilang itu EDITAN , INI FOTO ASLINYA YAAAA dan foto yg kuposting sebelumnya itu cuman aku atur pencahayaan nya aja BUKAN FOTOKU YANG KUTEMPELIN DI LUKISAN ALA ALA PHOTOSHOOP GITU” tulis Reviana Rumahorbo tak terima foto yang ia posting dikira editan photosop semata pada Sabtu (20/06/2020).

Bisa kan bandingin mana yg asli dan mana foto yg ditempelin ke lukisan? Saya gak mungkin bodoh dong promosi wisata hasil rekayasa. Ini tempatnya bener ada daan bahkan kalau dilihat secara langsung jauh lebih indah dari yg di foto karna kebetulan pas aku foto langitnya udah berawan jadi pencahayaannya kurang dan orang yg tinggal di Samosir dan pernah dari Samosir juga pasti tau gimana luar biasanya keindahan Samosir itu. So... kalo kalian ke Samosir coba deh agak naik kelen ke dolok dolok biar kelen tengok lah keindahan Samosir itu, banyak kok yg view nya beginii. Cuman ini adalah salah satu view yg tak jarang dihiraukan karna terfokus dengan view Danau Tobanya aja (bagi yg kurang tau) tapi kalau kalian ngikutin akun2 yg posting ttg Samosir malah banyak kok view yg begini dan jika di eksplor lebih lagi, makin banyak tempat yg beginian karna SAMOSIR itu dari Sudut manapun bakalan tetap keliatan LUAR BIASA” tambah Reviana Rumahorbo agar masyarakat atau netizen tidak sembarangan menuduh dan lebih baik datang langsung kalau ingin menikmati wisata yang suguhkan oleh Samosir.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment