Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Fungsi Membaca Untuk Kesehatan Tubuh dan Otak

Neuroscience study uncovers psilocybin-induced changes in brain ...Dalam era globalisasi saat ini, banyak hal yang hal yang dilakuakan orang untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya. berolahraga, memakan makanan bergizi, hingga memiliki dokter khusus untuk chec-up rutin. Namun orang- orang sangat jarang menyadari bahwa membaca buku dapat meningkatkan kesehatan tubuh, khususnya kesehatan otak.

Otak merupakan struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf (neuron). otak mengatur dan mengkordinir sebagaian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homoestatis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan dan suhui tubuh. otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan emosi dan ingatan. 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa membaca buku memiliki fungsi selain meningkatkan wawasan juga dapat berfungsi sebagai :

1. Mencegah Alzheimer Scientists Develop Potentially Vital Nasal Vaccine for Treating ...Alzheimer merupakan suatu penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. sampai saat ini belum ada obat yang ditemukan, namun kabar gembiranya yaitu dengan membaca buku  penyakit alzheimer ini dapat dicegah loh.

2. Memperpanjang Usia Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria? Ini Faktanya - Tribun JogjaPara peneliti Yale University telah mempelajari bahwa 3.635 orang yang berusia lebih tua dari umur 50 tahun, mereka yang membaca buku ± 30 menit setiap hari hidup rata-rata 23 bulan lebih lama daripada orang yang jarang sekali bahkan tidak pernah membaca buku.

3. Mengurangi Strees Hal-hal yang Bikin Seseorang Susah Kaya Meski Sudah Kerja 'Banting ...Tanpa disadari, membaca ternyata merupakan salah satu trik jitu dalam meredakan strees. beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang gemar membaca senderung lebih mampu menekan emosi, lebih sabar dan lebih puas dengan kehidupan.

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Susah Fokus? Inilah 10 Trik Agar Kamu Konsentrasi Belajar dan ...Ketika membaca, tanpa disadari otak akan memerlukan tiga kemampuan seekaligus. ketiga kemampuan tersebut yaitu, (i) kemampuan mengenali citra (vision), (ii) kemampuan bahasa (linguistik) dan (iii) kemmapuan melakukan asosiasi. hal tersebut menyebabkan saat membaca butuh penalaran yang tinggi sehingga mampu meningkatkan daya nalar dan melatih konsentrasi. khususnya bagi anak-anak.

5. Meningkatkan Kecerdasan11 Kebiasaan Mudah dan Sederhana Agar Otak Lebih Sehat dan Cerdas ...Kecerdasan berkaitan dengan membaca, dan membaca kemudian berkembang menjadi berbagai kegiatan yang  sepenuhnya mengandalkan kinerja otak. hingga saat ini, kegiatan membaca juga dapat disamakan dengan berpikir. berpikir secara teratur inilah yang disebut dengan peradaban yang berbasis kecerdasan.  Menurut penelitian dari University of Edinburgh and King's college London, kebiasaan membaca yang dibiasakan dari usia belia mampu meningkatakan kecerdasan secara keseluruhan.

Namun bebrapa peneliti juga mengungkapkan bahwa membaca buku lebih disarankan dibandingkan e-book. hal ini disebabkan karena e-book dapat mengganggu kesehataan dan berakibat strees karena layar. serta mengganggu produksi hormon penting yaitu melatonin yang mengakibatkan sulit tidur dan bangun tidak segar. Terimakasih ☺
Related Posts
Masriigirs
I'm a cancer woman, love most flowers... sport is a pleasure. like disign, especially interior design. can always eliminate mysadness with room decoration. Im a lover of music and coffee milk in the afternoon. a cancer woman who is always calm and smiles when sees a beatifull warm light at night. writeng and reading make me happy everyday. ( cancer woman : wanita berzodiak cancer ;) )

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment