-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Ada Sosok Diaspora Dibalik Pelaminan pada Pesta Pernikahan Pertama di Paris, Prancis

Ada Sosok Diaspora Dibalik Pelaminan pada Pesta Pernikahan Pertama di Paris, Prancis 

Seruan.id - Ruangan restoran Châlet des Îles Daumesnil yang berlokasi di tengah Danau Daumesnil, Paris, Prancis mendadak menjadi pelaminan Minang yang megah.

Dekorasinya penuh pernah-pernik bercorak emas yang berkilau dipantulkan cahaya. Maklum, saat itu, Sabtu (11/9/2021) pukul 18.30 waktu setempat, tengah berlangsung pesta perkawinan warga negara Indonesia, Dita yang asal Minangkabau dengan Vincent yang warga Prancis.

Dita, sang pengantin perempuan, adalah salah seorang diaspora Minang di Paris, Prancis. Di balik terselenggaranya pesta perwakinannya, juga ada sosok diaspora Minang lainnya, Wulan Panyalai Chaniago.

Kami bagian dari keluarga Minang Prancis yang jumlahnya sekitar 50 orang,” ujar Wulan Panyalai Chaniago kepada Padangkita.com, Rabu (22/9/2021).

Wulan berkata, pesta perkawinan dengan adat Minang itu merupakan kali pertama terselenggara di Paris.

Ini yang pertama. Belum pernah ada masyarakat Minang di Paris sebelumnya membuat pesta perkawinan dengan adat Minang,” ujarnya.

Sebagai sesama diaspora Minang, Wulan berhubungan dekat dengan Dita, sang pengantin perempuan. Dirinyalah yang menyarankan kepada Dita untuk membuat perkawinan dengan adat Minang.

Masyarakat Minang di Paris tidak banyak. Namun, kami sering membuat acara pagelaran budaya Minang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau organisasi lainnya,” jelas Wulan.
Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Post a Comment