Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Sering Lupa? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Sering Lupa? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Seruan.id - Otak merupakan organ yang menggunakan energi dalam jumlah yang cukup signifikan, yakni sekitar 20 persen dari seluruh kalori yang masuk dalam tubuh. Sehingga, otak memerlukan bahan bakar yang baik untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi sepanjang hari.

Pada umumnya, nutrisi sangatlah berperan penting dalam proses metabolisme di dalam otak. Tak hanya itu, proses pembentukan dan penyimpanan memori pun dipengaruhi oleh komponen nutrisi, seperti lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Setiap orang pastinya menginginkan untuk memiliki daya ingat yang tajam. Akan tetapi hingga era sekarang ini masih banyak yang sering memiliki daya ingat ang kurang baik. Oleh karena itu, setiap indivudu sangat perlu untuk meningkatkan daya ingat atau supaya nutrisi otak terpenuhi, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang perlu kita konsumsi yaitu:

1. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan 


Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan sehingga termasuk makanan untuk daya ingat. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat di the Journal of Nutrition, Health, and Aging.

Pada penelitian tersebut ditemukan, asupan kacang-kacangan yang tinggi berhubungan dengan fungsi otak yang baik di usia tua. Kandungan Antioksidan dalam kacang-kacangan dapat melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Bluberi


Tak hanya rasanya enak, bluberi juga baik sebagai makanan untuk daya ingat. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam bluberi ternyata mampu mengurangi proses penurunan daya ingat akibat proses penuaan.

Selain bluberi, buah-buahan lain, seperti pomegranate atau delima juga tergolong ke dalam makanan yang meningkatkan daya ingat.

3. Alpukat


Alpukat merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan daya ingat. Buah alpukat mengandung lemak baik yang berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, lemak yang terkandung dalam alpukat pun baik untuk otak.

Dibandingkan makanan lainnya, lemak pada alpukat adalah lemak tunggal tidak jenuh (monounsaturated fatty acid). Hal itu merupakan jenis lemak yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat.

4. Apel


Buah Apel adalah buah yang tidak kalah baik sebagai makanan untuk daya ingat Andal. Manfaat buah ini diperoleh dari salah satu kandungannya, antosianin yang merupakan jenis antioksidan untuk meningkatkan memori otak.

Kita harus mengetahui, saat mengonsumsi apel, kita tidak dianjurkan untuk membuang kulitnya. Hal itu dikarenakan pada kulit apel terkandung kuersetin dan antioksidan yang dapat menurunkan risiko Alzheimer.

5. Telur


Salah satu makanan yang sangat mudah ditemukan sekaligus mudah diolah adalah telur. Telur banyak mengandung nutrisi, termasuk vitamin B6, B12, dan asam folat yang sangat baik untuk kesehatan sel saraf di otak.

Telur juga memiliki nutrisi omega-3 yang juga baik untuk otak. Hal itu yang menyebabkan telur menjadi makanan peningkat daya ingat yang sayang untuk dilewatkan.

6. Brokoli


Brokoli adalah sumber serat yang rendah kalori dan baik untuk otak. Brokoli mengandung glukosinolat yang akan dipecah menjadi isothiocyanate di dalam tubuh. Zat itu dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit saraf.

Tak hanya itu, brokoli juga termasuk sebagai makanan untuk daya ingat karena mengandung vitamin C dan flavonoid yang baik untuk otak.

7. Ikan Salmon


Ikan salmon merupakanh salah satu makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jenis ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak.

Ikan yang juga termasuk ke dalam makanan untuk daya ingat, antara lain sarden dan haring. Keduanya juga memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk ketajaman ingatan.

8. Teh


Teh merupakan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat karena mengandung kafein dan antioksidan. Kafein bermanfaat alami dalam meningkatkan konsentrasi sehingga turut membantu proses pembentukan daya ingat di otak.

9. Kopi


Dibandingkan dengan the, kopi juga mengandung kafein dan antioksidan yang dapat menjaga daya ingat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Tak hanya kopi, cokelat hitam atau dark chocolate juga termasuk minuman yang baik untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Kedelapan jenis makanan dan makanan itu sangatlah perlu kita ketahui demi  meningkatkan daya ingat. Dengan mengonsumsi asupan yang baik untuk otak tersebut dan dikombinasikan bersama makanan sehat lainnya.

Melalui  pola konsumsi  yang teratur, ditunjang makanan sehat lain, daya ingat Anda akan makin terasah ketajamannya. Daya ingat yang baik tentu dapat menolong kita untuk efektif dalam belajar, bekerja, dan beraktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat ya Seruaners!

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment