Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Penumpang Positif Covid Berhasil Terbang dari Jakarta ke Ternate dengan Memakai Cadar

Penumpang Positif Covid Berhasil Terbang dari Jakarta ke Ternate dengan Memakai Cadar

Seruan.id - Penumpang maskapai penerbangan Citilink tujuan Jakarta-Ternate, Maluku Utara (Malut), ketahuan menggunakan dokumen hasil tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) milik istrinya agar bisa berangkat ke Ternate. Penumpang berinisial DW ini nekat melakukan perjalanan meski telah dinyatakan positif.


Modus dari DW tersebut baru terbongkar saat sudah mendarat di Bandara Sultan Baabullah Ternate. Muhammad Arif Gani selaku Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Ternate, kemudian membenarkan kejadian tersebut.

Gani kemudian juga menuturkan bahwa DW sendiri merupakan warga Kota Ternate yang melakukan perjalanan dari Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Citilink. Diduga Dwi memalsukan dokumen PCR yang dibawanya saat dari Jakarta dengan menggunakan nama Nurul yang merupakan istri-nya.

Menurut Keterangan yang diberikan oleh Gani, DW memang berhasil mengelabui para petugas di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Bermodalkan data diri dan hasil tes PCR istrinya. DW berhasil lolos karena saat melakukan pemeriksaan dia mengenakan pakaian cadar dan disertai dokumen tes PCR milik istrinya yang negatif.

Namun saat tiba di Bandara Baabullah Ternate, penyamaran yang dilakukan DW ketahuan setelah gerak-geriknya dilaporkan oleh pramugari yang memergokinya membuka cadar dan mengganti pakaian kemeja di dalam toilet pesawat.

Gani juga menjelaskan, pramugari tersebut langsung menghubungi pihak Bandara Sultan Baabullah Ternate, untuk segera melakukan penahanan. Ketika ditanyakan terkait alasan dari tindakannya, DW terlihat mencurigakan. Akhirnya, petugas kesehatan di bandara Sultan Baabullah Ternate langsung melakukan tes usap antigen dan hasilnya positif Covid-19.

"Setelah hasil positif Covid-19 pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ternate, untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD), kemudian dibawa menggunakan mobil ambulans menuju rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan akan diawasi oleh petugas Satgas," Jelasnya.

Gani mengatakan berkaca dari kejadian ini Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ternate akan melakukan koordinasi dengan pihak bandara serta instansi terkait untuk memperketat pengawasan di bandara.

Sementara itu hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak maskapai penerbangan Citilink terkait kejadian ini.
Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment