-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Hati-Hati, Konsumsi Makanan ini Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Hati-Hati, Konsumsi Makanan Ini Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Seruan.id - Pandemi COVD-19 yang kian tak mereda di berbagai negara dunia hingga saat ini membuat masyarakat untuk selalu waspada. Tak hanya mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan, begitu pula mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga penting untuk dilakukan demi pencegahan penularan dari COVID-19.

Akan tetapi,  ternyata ada beberapa makanan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan, bahkan dapat berisiko terjadinya pembentukan batu ginjal. Beberapa makanan itu akan dirangkum sebagai berikut berdasarkan tayangan Hidup Sehat tvOne, pada Rabu, 2 Juni 2021:

1. Air Perasan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, jika  terlalu berlebihan mengonsumsi perasan air lemon dapat menyebabkan gangguan asam lambung.

Spesialis gizi klinik, dr. Marya W Haryono, M.Gizi, SpGK menyampaikan bahwa ada sejumlah orang yang mengonsumsi perasan lemon perutnya menjadi nyaman. Di samping itu, ada juga orang yang begitu terkena meski sedikit perasan lemon langsung berdampak seperti  nyeri pada perutnya.

"Perlu diketahui identiknya vitamin C memang mengurangi proses peradangan yang ada di lambung, tapi itu tidak mutlak datang dari lemon yang sensitif terhadap orang tertentu. Boleh vitamin C dari yang lain. Apa menyembuhkan gastritis? Belum ada jawabannya. Belum terbukti secara klinis," tutur Marya.

 

2. Wortel

Wortel umumnya adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Sejak dulu wortel dikenal untuk menjaga atau memelihara kesehatan mata. Akan tetapi, ternyata jika mengonsumsi wortel secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kekuningan. Akibat kandungan betakaroten yang tinggi pada wortel.

Berdasarkan keterangan yang diberikan  Marya, dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karoten bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit menjadi kekuningan. Umumnya tampak  di telapak tangan terlebih dahulu.

Betakaroten ini bukan hanya dari wortel. Kalau kita sepadankan, berapa banyak yang bisa bikin kuning? Kalau kita konsumsi beta karoten 20-50 miligram dalam berhari-hari,” tutur Marya,

Jika  mengonsumsi wortel berhari-hari 10 ukuran sedang, dalam beberapa hari ke depan telapak tangan akan kuning. Tak hanya wortel. Bahan makanan alami lain yang warnanya orange.

 

 3. Brokoli

Brokoli mempunyai kandungan dengan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan itu berupa serat, protein, karbohidrat kompleks, mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc serta zat besi.

Begitu juga dengan vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K juga terkandung dio dalamnya.

Melalui konsumsi brokoli dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, mencegah kanker hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi,, jika mengonsumsi brokoli secara berlebihan dapat memicu perut menjadi kembung. Hal ini, kata Marya, diakibatkan kandungan serat yang ada di dalam brokoli.

"Kandungan fruktan memang membuat produksi gas dalam saluran cerna dengan kuman baik di usus. Kalau kebanyakan enggak nyaman. Solusi? Harus dimatangkan brokoli," lanjut Marya.


4. Beras merah

Selanjutnya yaitu beras merah yang merupakan alternatif pengganti nasi putih bagi mereka yang tengah menjalani diet. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu seseorang kenyang lebih lama.

Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak negatif, yaitu perut kembung.

"Karena masalahnya kalau serat terlalu banyak, jangankan dari beras merah, jarang makan sayur, besok makan sayur berlimpah itu pasti berisiko kembung. Harus ada proses pembiasaan pelan-pelan,” ucap Marya.

Beras merah memang memiliki karbohidrat kompleks, tapi jika dikonsumsi berlebihan, selain akan kembung, kandungan karbohidrat yang dimakan pun akan semakin banyak.

Berlebihan berapa? Nasi karbohidrat dalam badan 50-60 persen dari asupan sehari-hari. Kira-kira sekali makan 100 gram atau 120-150 gram tergantung aktivitasnya, berat badan, usia," terang Marya.

 

5. Bayam

Bukan karena harganya yang murah, bayam juga mempunyai nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, jika dimakan secara berlebihan akan menyebabkan risiko batu ginjal.

Marya juga menerangkan bahwa ada orang yang risiko terbentuk batu di ginjal tinggi. Batu di ginjal yang paling banyak jenisnya batu oksalat, batu asam urat,. Kalau selama ini batu yang sering terbentuk batu oksalat, ada baiknya ganti sayur selain bayam. Karena di dalam bayam ada oksalat tinggi. Orang tersebut makan bayam, kacang-kacangan ada risiko terbentuk lagi batu oksalat.

Related Posts
A-L-S
Jatuh dan Tenggelam Itu Sudah Biasa, Terbang Saja yang Tak Biasa

Related Posts

Post a Comment