-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Hati Ayam Baik untuk Kesehatan Mata, Bagaimana untuk Kesehatan Jantung?

Hati Ayam Baik Untuk Kesehatan Mata, Bagaimana untuk Kesehatan Jantung?

Seruan.id - Berbagai jenis makan kita konsumsi setiap harinya. Salah satunya adalah daging ayam. Secara umum, daging ayam mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan protein yang tinggi, serta vitamin dan mineral di dalam daging ayam baik bagi  kesehatan.

Hal itu didasari oleh beberapa penelitian, dengan mengonsumsi ayam dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit kanker. Tak lain oleh karena kelezatannya saja, manfaat penting dari mengonsumsi daging ayam menyebabkan daging ayam sangat digemari masyarakat.

Bagian-bagian yang terdapat dalam daging ayam juga sangat beragam, salah satunya ialah bagian hati ayam. Perlu kita ketahui, untuk tetap memerhatikan dampak dari mengonsumsi hati ayam.

Diliput dari Viva.co.id, ada beberapa fakta dan mitos terkait konsumsi hati ayam berdasarkan penjelasan spesialis gizi klinik, dr. Christoper Andrian, Sp.GK dalam liputan program Hidup Sehat tvOne.

1)   Baikkah hati ayam bagi penderita anemia?

Christoper menjelaskan, hati ayam baik dikonsumsi bagi penderita anemia. Hal tersebut disebabkan hati ayam cukup banyak mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Kandungan dalam hati ayam tersebut baik untuk penderita anemia karena diharapkan dapat membentuk pembentukan sel darah merah.

2)   Amankah hati ayam bagi bayi?

Dalam penyampaian lebih lanjut, Christoper menyebutkan hati ayam sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi, akan tetapi jumlahnya tidak boleh berlebihan. Hal itu disebabkan hati ayam banyak mengandung vitamin A. Vitamin A yang terkandung dalam satu potong hati ayam bisa mencapai 6000 IU sehingga konsumsi pada bayi di atas usia 6 bulan dapat disarankan sebagai makanan pengganti ASI sekitar setengah atau satu potong untuk dikonsumsi sehari.

3)     Apa dampaknya bagi kesehatan jantung?

Satu poton hati ayam terdapat kandungan kolesterol berkisar 180 mg yang dicukupkan untuk setengah kebutuhan kolesterol manusia dalam satu harinya. Oleh karenanya tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, sehingga jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah dan memunculkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

4)   Apakah konsumsi hati ayam memicu asam urat?

Hati ayam merupakan salah satu makanan yang di dalamnya terkandung asam urat yang sangat tinggi, sehingga untuk penderita asam urat tidak disarankan mengonsumsi hati ayam.

5)   Apakah konsumsi hati ayam menyehatkan mata?

Selanjutnya, Christopher menerangkan bahwa hati ayam mengandung vitamin A. Oleh karena itu, satu potong hati ayam memiliki kandungan 1.600 IU yang menyebabkannya baik untuk nutrisi mata.

6)   Apakah kandungan vitamin A yang berlimpah dalam hati ayam bisa melemahkan tulang?

Dalam hal konsumi hati ayam secara berlebihan dapat memicu keracunan vitamin A, hal itu disebabkan kadar vitamin A yang sangat tinggi dapat mengakibatkan sakit kepala, kerusakan pada hati, dan menurunkan deposit pada tulang sehingga orang gampang patah tulang dan osteoporosis.

Related Posts
A-L-S
Jatuh dan Tenggelam Itu Sudah Biasa, Terbang Saja yang Tak Biasa

Related Posts

Post a Comment