Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Sumbar Raih Penghargaan Kategori Pembangunan Terbaik, Ini Komentar Gubernur

Sumbar Raih Penghargaan Kategori Pembangunan Terbaik, Ini Komentar Gubernur

Seruan.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) berhasil meraih peringkat terbaik 1 Penghargaan untuk Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 kategori pemerintah provinsi. Penghargaan tersebut akhirnya didapatkan kembali setelah terakhir diraih pada tahun 2013 lalu.

Perolehan tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Musrenbang Nasional Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKP Tahun 2022 di Jakarta, pada Selasa (4/5/2021.

Mahyeldi Ansharullah selaku Gubernur Sumbar mengatakan bersyukur dan mengucapkan selamat kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian atas penghargaan tersebut. PPD menurutnya adalah apresiasi pemerintah pusat kepada provinsi, kabupaten dan kota.

Ini adalah berkah Ramadan bagi masyarakat Sumbar, karena berprestasi menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di daerah,” Ucap Mahyeldi

PPD tersebut juga akan terus mendorong pemerintah daerah agar terus berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri menyebutkan prestasi yang telah diraih tersebut karena adanya hasil perencanaan dari RKPD 2021 yang sudah memuat kebijakan pemulihan Covid-19, terinternalisasi pada prioritas pembangunan dan kebijakan bidang ekonomi, kesehatan dan kebencanaan.

Sedangkan pencapaian pembangunan dinilai berhasil dilihat dari berkurangnya ketimpangan yang didukung oleh program penanganan daerah tertinggal dengan pendekatan infrastruktur, ekonomi, lingkungan dan pembangunan manusia,” ucap Hansastri.

Hansastri berpendapat kalau pencapaian ini tidaklah terlepas dari bimbingan gubernur dan wakil gubernur serta peran kolaborasi dari segenap perangkat daerah, terkait capaian inovasi dalam penanganan Covid-19 dan distribusi pangan dalam pengendalian inflasi daerah di masa pandemi.

Bappeda Sumbar menurutnya adalah penanggungjawab atas proses penilaian penghargaan karena dokumen perencanaan yang dinilai pada tahun 2021 tersebut dilaksanakan penyusunannanya sejak tahun 2020.

Selanjutnya, Kuartini Deti Putri sebagai Sekretaris Bappeda Sumbar mengatakan jika penghargaan ini sudah lama dinantikan sejak tahun 2013 karena waktu itu terakhir didapatkan capaian terbaik nasional dengan nama pangripta nusantara.

Capaian saat itu masih ada pengkategorian daerah Jawa dan luar Jawa, sedangkan penghargaan kali ini gengsinya lebih tinggi karena proses penilaian disetarakan untuk semua daerah,” katanya.

Dalam penghargaan ini ada sebanyak 24 indikator yang dinilai. Dengan penghargaan ini diharapkan ke depan bisa lebih baik dalam perencanaan pembangunan dan memunculkan inovasi baru.

Related Posts

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment