-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Daftar Minuman Penghilang Rasa Kantuk selain Kopi

Daftar Minuman Penghilang Rasa Kantuk selain Kopi

Tips, Seruan.id - Banyaknya aktifitas dan tugas-tugas yang dimiliki kadang memaksa kita untuk menyelesaikannya segera, meski harus begadang dan mengurangi waktu istirahat. 

Dalam kondisi yang sempit dan tergesa seringnya kita dituntut untuk menyelesaikan tersebut hingga larut malam dan mengurangi jatah waktu tidur kita. Begadang juga memiliki tantangannya sendiri yaitu rasa kantuk yang harus ditahan agar tugas bisa diselesaikan.

Untuk menahan rasa kantuk kebanyakan dari kita mengandalkan kopi sebagai penangkalnya. Kopi sendiri adalah minuman sehari-hari, khususnya bagi mereka yang bekerja sepanjang waktu. Si hitam nan pahit dan asam ini dapat mengembalikan semangat, serta mengusir rasa kantuk. 

Manfaat yang ada didalam kopi akan mengusir kantuk, hal ini adalah berkat kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein merupakan zat stimulan, yang bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan berbagai neurotransmitter. 

Sayangnya, kopi sering menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan asam lambung, memicu refluks (GERD), sehingga mereka yang memiliki maag tidak bisa meminum si hitam ini. Efek samping lain dari kopi juga dapat memberikan perubahan warna pada gigi.
 
Lantas, apakah ada alternatif lain bagi mereka yang ingin tetap terjaga saat bekerja tetapi ingin menghindari kopi? Jawabannya Ada!

Nah berikut adalah beberapa minuman penghilang ngantuk selain kopi yang dapat menjadi pilihan Anda:


1. Minuman Coklat

Salah satu pilihan minuman yang dapat menghilangkan rasa ngantuk selain kopi adalah cokelat cair. Karena pada secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. 

Jumlah tersebut memang jauh lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman cokelat tersebut tetap mampu membuat Anda lebih terjaga dan segar kembali. 


2. Minuman Berkarbonasi atau Soft Drink  

Minuman penghilang rasa ngantuk lainnya adalah soft drink. Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein sebanyak 20 hingga 40 miligram. 

Meski demikian, kita perlu waspada, karena pada soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Maka dari itu, sebaiknya kita memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang lebih sedikit (low sugar) atau tanpa gula. 


3. Teh Pekat

Minuman Teh juga dapat menjadi salah satu dari alternative untuk mendapatkan asupan kafein. Karena pada secangkir teh, terdapat setidaknya 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang serupa. 

Perlu diingat kembali, kita harus menghindari penggunaan gula berlebihan pada saat kita menyeduh teh. Jika ingin menambahkan pemanis, akan lebih baik menggunakan madu daripada gula pada umumnya. 


4. Teh Hijau

Teh hijau saat ini menjadi minuman yang makin banyak digemari, pada teh hijau tersebut mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkir. 

Selain efek pada kafein yang membuat lebih semangat, teh hijau sendiri juga dapat meningkatkan mood sehingga kita akan merasa lebih nyaman dan senang. 


5. Minuman Berenergi 

Pada satu sediaan minuman berenergi, terdapat kafein sebanyak setidaknya  50 hingga 160 miligram. Jumlah kafein yang cukup banyak ini membuat minuman berenergi seringkali dipilih oleh mereka yang harus kerja lembur. 

Namu harus tetap diingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering, ya. Pasalnya, karena pada minuman berenergi terdapat beberapa kandungan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.


6. Susu Cokelat 

Susu cokelat juga termasuk sebagai salahsatu minuman yang bisa menghilangkan rasa ngantuk. Meski mengandung kafein yang relatif lebih sedikit dari lainnya, jenis minuman ini tetap dapat membantu kita merasa lebih segar dan terjaga.


7. Milk Tea

Milk tea atau teh susu juga termasuk sebagai salahsatu minuman penghilang rasa ngantuk yang dapat kita jadikan pilihan.

Karena mengandung teh, jenis minuman ini juga memiliki kafein di dalamnya. Oleh karena itu, milk tea juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebuh segar dan lebih terjaga.


8. Lemon Honey Tea

Suka yang minuman yang segar sekaligus bikin melek? Kitaa bisa mengonsumsi teh lemon madu atau lemon honey tea.

Jenis minuman ini juga dapat mengusir rasa kantuk berkat kandungan kafein yang ada pada teh yang menjadi campurannya. Kita pun bisa merasakan manfaat kesegaran yang lebih, karena rasa lemon yang sedikit asam. 


9. Kombucha

Pernah dengar Kombucha nggak ? Kombucha sendiri  adalah minuman yang terbuat dari fermentasi teh. Jenis minuman ini juga dapat bantu menyegarkan tubuh sekaligus mengusir rasa kantuk,hal ini berkat kandungan kafein yang berpadu dengan L-theanin didalamnya.

Nah, dari daftar diatas mana nih minuman penghilang rasa ngantuk selain kopi yang menjadi favorit kalian? Tetap ingat ya untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya. 

Faktanya, kafein yang berasal dari mana pun dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti gemetar, jantung berdebar, masalah tidur, migrain, dan sakit kepala. Kondisi tersebut khususnya terjadi pada mereka yang mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Untuk menghindari efek buruk tersebut, Sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram dalam sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2 hingga 4 cangkir kopi atau teh.

Selain itu, Agar diimbangi juga dengan kebiasaan sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi buah dan sayuran, serta minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya. Hal ini untuk menyeimbangkan efek dari minuman berkafein dalam tubuh.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment