-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Serah Terima Soal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Formasi 2021 antara Mendikbud dan Menpan-RB

Sumber gambar: Youtube KEMENDIKBUD

Serah Terima Soal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Formasi 2021 antara Mendikbud dan Menpan-RB

Seruan.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilibatkan dalam penyusunan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk seleksi Aparatur Sipil Negara 2021. Penyusunan soal seleksi telah selesai disusun oleh tim penyusun naskah pihak Kemendikbud dan siap untuk diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara 2021.

Prosesi serah terima naskah soal dilakukan secara luring di Jakarta pada Selasa,(20/04/2021). Penandatanganan berita acara serah terima naskah soal sudah ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan selanjutnya ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Cahyo Kumolo. 

Penyerahan naskah soal diserahkan oleh Kepala Biro Sumberdaya Manusia Kemendikbud mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh Dyah Ismayanti dan diterima oleh Pelaksana Tugas Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur mewakili Kemenpan RB oleh Katmoko Ari Sandono yang didampingi Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi Badan Kepengawaian, M. Ridwan. Prosesi penyerahan dilaksanakan secara luring.

Naskah soal yang diserahkan dalam bentuk dokumen digital yang terenkripsi mencegah terjadinya kebocoran soal dan dijamin aman. Bahkan tim penyusun soal sendiri tidak mengetahui kode enkripsi soal seleksi tersebut.

Mendikbud menyampaikan penyusunan soal seleksi melalui beberapa tahapan yaitu:

1. Penyusunan kisi-kisi dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara dan kisi-kisi tahun 2019. Proses ini melibatkan Kemenpan RB, Badan Kepegawaian Negara, Badan Pananganan Nasional Terorisme dan Pakar perguruan tinggi negeri.

2. Penyusunan soal seleksi yang melibatkan penulis dari perguruan tinggi negeri dengan pendamping dan penjaminan.

3. Telaah bahasa oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan memastikan telah disusun dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Naskah soal seleksi yang telah diterima akan dilakukan  diinput ke dalam sistem CAT Apk yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi, proses ini diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan dan keamanan data.

Kemenpan RB menjelaskan bahwa ujian seleksi Aparatur Sipil Negara tidak dipungut biaya.
Related Posts
Nataria Sinulingga
Kau adalah apa yang Tuhan mau dan yang kau tau.

Related Posts

Post a Comment