-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Reshufle Kabinet, Berikut 5 Menteri yang akan Diganti

Kabinet Indonesia Maju
Reshufle Kabinet, Berikut 5 Menteri yang akan Diganti

Seruan.id - Beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan mengganti sejumlah menteri pada Rabu (21/4). Isu tersebut sudah menjadi perbincangan disejumlah media dan sudah bermunculan prediksi nama-nama menteri yang akan diganti.

Salah satu pengamat politik M Qadari menyatakan bahwa proses reshuffle ini adalah hal wajar dan merupakan bentuk dari politik dinamis.

"Politik itu dinamis maupun orangnya. Pasti ada perencanaan (reshuffle kabinet) tetapi jumlah pastinya dinami," ujar Pengamat Politik M Qodari pada Tribunnews pada Senin (19/4/2021).

Siapa saja nama-nama menteri yang akan diganti? Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari istana perihal nama-nama menteri tersebut. Namun prediksi sudah banyak bermunculan. Dilansir dari Tribunnews, setidaknya ada  enam menteri yang akan diganti, diantaranya :

1. Nadiem Makarim
Penggabungan Menristek kedalam Mendikbud disinyalir menjadi penyebab tersingkirnya Nadiem dari kabinet. Bambang Brodjonegoro yang saat ini menjadi Menristek, punya peluang menjadi Mendikbudristek.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin.

"Bambang juga cocok, karena beliau seorang akademisi"

Selain Bambang, pengamat politik M Qadari mengatakan sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti juga memiliki peluang untuk menggantikan posisi Nadiem.

"Sudah saatnya Kementerian Pendidikan dikembalikan pada Muhammadiyah yang telah berpengalaman mengelola sekitar 162 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," Lanjut Qadari.

2. Syahrul Yasin Lipo
Rekan Yasin Lipo sesama kader Nasdem Muhammad Rapsel Ali baru-baru ini dipanggil oleh Jokowi di Istana untuk berdiskusi.

Rapsel menurut Qadari matching dengan jabatan Menteri Pertanian karena sama-sama berasal dari Sulawesi Selatan dengan Yasin Lipo. Rapsel diketahui juga menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

3. Budi Karya Sumardi
Menteri Perhubungan ini dikabarkan akan digantikan oleh kader PAN yang akan bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju. 

Sejumlah kader senior PAN seperti Asman Abnur dan Edy Suparno memiliki peluang cukup kuat untuk menggantikan Budi Karya sebagai Menteri Perhubungan.

4. Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki juga berkemungkinan akan direshufle. Sejumlah media memberitakan kader muda NU Witjaksono telah dipanggil oleh Presiden untuk berdiskusi seputar UMKM.

Ketua Serikat Nelayan Nadhlatul Ulama tersebut diisukan berpeluang untuk menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UMKM.

5. Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko juga berpeluang akan diganti. Nama Suhendra Hadikuntono disebut-sebut sebagai penggantinya.

Hal tersebut diusulkan oleh Sekretaris Jenderal KNPI Syam Tonggala.

"Saya minta dengan hormat Bapak Presiden Jokowi tidak ragu menunjuk Bapak Suhendra menjadi Kepala KSP," kata Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Syam Tomagola, dalam diskusi terbatas dengan tema, Siapa yang Pantas Gantikan Moeldoko di Jakarta baru-baru ini.

Itulah sederet nama yang diprediksi akan diganti dari posisinya di kabinet Jokowi - Ma'ruf Amin saat ini. (Rio) 

Related Posts
Rio Friyadi
Suka mimpi jadi presiden

Related Posts

Post a Comment