-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Insecure Terhadap Hal yang Tepat Menciptakan Kualitas Diri menjadi Lebih Hebat


Insecure Terhadap Hal yang Tepat Menciptakan Kualitas Diri menjadi Lebih Hebat

Oleh: Falina Alifya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas 

Opini, Seruan.id - Barangkali hampir semua milineal mengetahui apa itu Insecure. Tak asing di telinga ketika istilah “insecure” selalu terngiang dalam kehidupan milineal. Memang, sering ditemui baik dalam dunia nyata maupun dunia maya, kaum milineal merasa insecure. 

Nah, sebelumya, apakah kamu tau arti dari insecure itu?  Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) artinya adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. 

Sedangkan pendapat aku pribadi insecure itu adalah sebuah perasaan kagum terhadap orang lain karena adanya alasan tertentu, sehingga menyebabkan  kita tidak ada apa-apanya dibanding dia yang kita kagumi. 

Mungkin setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dalam memaknai insecure itu. Perasaan insecure mayoritas dirasakan oleh para remaja, apalagi dengan adanya sosial media yang terkadang menjadi wadah pencitraan akan sesuatu yang dimiliki atau pencapaian yang telah diraih. 

Insecure itu bisa terjadi kapan saja dan dimanapun, ketika kamu merasa sedih, bodoh, penuh kekurangan, kehilangan percaya diri, menganggap orang lain hebat dibanding kamu yang tidak ada apa-apanya, bahkan saat itu kamu tak bisa melakukan apapun. 

Maka, jika kamu telah merasakan salah satu diantara itu, fix kamu telah terjebak dalam perasaan insecure.

Nah, perasaan insecure tidak akan terjadi tanpa sebab. Jadi, orang yang merasa insecure pasti ada sesuatu dibalik itu. 

Ada beberapa penyebab yang membuat kamu merasa insecure, beberapa diantaranya adalah pertama, ketika melihat seseorang yang bermuka glowing dan goodloking barangkali penampakan ini mampu merangsang rasa insecure khusunya pada wanita. Apalagi di zaman sekarang, hampir semua kaum hawa berlomba-lomba membeli kosmetik kecantikan agar terlihat glowing. 

Kedua, ketika melihat mereka yang memiliki kemewahan dalam hidup, hal ini juga bisa dong memicu rasa insecure pada diri seseorang. Sehingga kaum penyitas insecure merasa tidak bersyukur atas kehidupan yang diberikan sang kuasa. 

Ketiga, ketika melihat mereka yang memiliki berjuta prestasi sehingga bisa membanggakan kedua orang tuanya, tentu hal ini membuat seseorang merasakan insecure, karena dia merasa sampai detik ini masih belum bisa berprestasi untuk membanggakan kedua orang tuannya. 

Menurut aku itulah beberapa alasan yang mampu memicu rasa insecure pada diri seseorang. Barangkali setiap orang memiliki penyebab yang berbeda ketika dia merasakan insecure. Hanya kamu yang tau, dirimu tergolong insecure karena faktor apa? Eitts, cukup jawab dalam hati aja ya.

Sesuai dengan judul yang aku usungkan, insecure terhadap hal yang tepat  menciptakan  kualitas diri menjadi lebih  hebat. Mungkin, sebagian pembaca bakalan heran terhadap pandangan yang aku berikan.

Jadi, menurut aku ketika seseorang itu merasa insecure pada hal yang tepat dan dia menyadari  hal itu, maka secara tidak langsung penyitas insecure tersebut akan merubah rutinitas hidupnya menjadi lebih baik untuk mampu mencapai garis finish yang telah dia rencanakan. 

Analoginya seperti ini,  ketika kamu kagum melihat mereka yang berprestasi di tengah kesibukan akademik dan organisasi.Tidak menutup kemungkinan hal itu membuat dirimu terharu dan merasa tidak ada apa-apanya dibanding dia. Menurut aku  itu hal yang wajar kok. 

Asalkan kamu tidak larut terjebak dalam rasa insecure tersebut. Jika kamu berpikir positif  lalu diiringi dengan tindakan positif, rasa insecure ini mampu membuat dirimu menjadi lebih semangat, giat belajar, dan selalu berusaha dalam mencapai impian dan prestasi sesuai dengan passion yang kamu miliki. Karena notabane setiap manusia pasti memiliki passion masing-masing. 

Maka, ketika kamu merasa terharu bahkan down ketika melihat jutaan prestasi yang meraka raih. Segeralah sulap perasaan down menjadi sebongkah api semangat yang siap bertarung di dunia yang penuh dengan ujian ini. 

Yakinkan dirimu, bahwa kamu bisa meraih jutaan prestasi sesuai dengan passionmu. Jangan pernah larut dalam perasaan insecure sehingga membuat kamu stagnan dalam waktu yang lama, tapi pilih jalan yang terbaik yaitu bangkit dengan cepat dari keterpurukan mu. 

Lalu buktikan pada dunia dan seisinya jika kamu pasti bisa berprestasi. Tanamkan dalam ingatan, setiap orang memiliki jalan yang berbeda dalam meraih kesuksesaan. Cegah dirimu agar tidak terjebak insecure terhadap hal-hal yang tidak membawa manfaat. 

Tapi, kamu wajib insecure terhadap mereka yang berprestasi baik dalam bidang akademik, keagamaan, seni, dan lainnya.  Berusaha seoptimal mungkin dan jangan lupa untuk selalu melangitkan doa pada sang kuasa. 

Sesungguhnya setiap manusia pasti bisa, kunci kesuksesaanmu terletak di tangan mu. Semangat, jangan pernah menyerah, selalu optimis, dan pada akhirnya kamu akan sampai pada garis finish.

Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Post a Comment