-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Jurusan Universitas Paling Banyak Dicari dan Digaji Tinggi, Kamu Harus Tahu!

Ilustrasi by Itjen Kemendikbud

Jurusan Universitas Paling Banyak Dicari dan Digaji Tinggi, Kamu Harus Tahu!

Pendidikan, Seruan.id - Sebagian besar siswa kelas 12 atau bisa dikatakan hampir seluruhnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku universitas pastilah sudah mengambil ancang-ancang untuk menentukan jurusan apa yang ingin mereka ambil kelak.

Tak bisa dianggap sepele, memilih jurusan kuliah adalah hal sangat susah bagi sebagian besar orang. Dimana biasanya mereka harus mempertimbangkan pendapat orangtua, saran dari teman-teman dekat, dan jurusan yang sesuai dengan fashion atau kemampuan mereka sendiri.

Bagaimana tidak, karena fase ini akan menentukan bagaimana jalan hidup mereka kedepannya. Tentu tidak ada orang yang mau menghabiskan waktunya selama kurang lebih 4 tahun hanya untuk mendapatkan hal yang sia-sia dimasa mendatang.

Tentulah mereka ingin mendapatkan yang terbaik dimasa depan mereka. Nah, oleh karena itu, berikut Tim Seru-seruan akan memaparkan beberapa jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dicari dan digaji tinggi yang dirangkum dari beberapa sumber terpercaya, check it out!

Tehnik Pertambangan

Lulusan dari tehnik pertambangan identik dengan kata lapangan. Keahlian mereka dalam mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi seperti berlian dan minyak bumi membuat mereka paling banyak dicari dan digaji tinggi.

Kenapa digaji tinggi? karena mereka akan diharapkan untuk mendeteksi keberadaan bahan-bahan tersebut hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian bahan-bahan tambang tersebut.

Beberapa perusahaan besar yang siap menampung lulusan Tehnik Pertambangan adalah sebagai berikut; Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Negara, PT Freeport, PT Antam, dan PT Timah Tbk.

Tehnik Material dan Metalurgi

Jurusan ini mungkin sedikit tidak akrab di telingan sebagian orang karena tergolong jurusan yang langka di Universitas di Indonesia. Jurusan ini tidak berbeda jauh dengan jurusan pertambangan seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Bedanya, Tehnik Material dan Metalurgi memiliki kerja yang lebih spesifik, yakni mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam.

Beberapa perusahaan besar yang siap menampung dan menggaji tinggi lulusan dari jurusan Tehnik Material dan Metalurgi adalah; Schlumberger, Geothermal PLN atau Pertamina, dan Badak LNG.

Tehnik Perkapalan

Sebutan khas untuk lulusan dari jurusan ini disebut juga dengan Arsitek Kapal, karena mereka adalah orang-orang yang merencanakan pembangunan sebuah kapal, mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, dan juga pengoperasian kapal.

Beberapa perusahaan besar yang siap menampung lulusan Tehnik Perkapalan antara lain; Industri Maritim atau gas dan minyak, Badan Klasifikasi Nasional (BUMN) seperti BKI, Sucofindo atau Serveyor Indonesia.

Tehnik Nuklir

Apakah kamu mengenal Prof. rer. Nat Evvy Kartini? Beliau merupakan salah satu ahli nuklir dunia yang sangat terkenal dan berkecimpung di tehnik nuklir dan prinsip-prinsip fisika nuklir. 

Seorang lulusan Tehnik Nuklir harus bisa mengaplikasikan atau merancang, mengembangkan dan melakukan perawatan sistem fisi nuklir. Mereka bisa menerapkannya di duia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.

Beberapa perusahaan besar yang siap menampung lulusan Tehnik Nuklir adalah sebagai berikut; Batan, Radiologi di RS, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Tehnik Informatika

Seperti yang kita ketahui, Informatika merupakan ilmu yang mempelajari perangkat, baik itu sistem maupun alat yang dapat digunakan untuk menyebar informasi. Bisa dikatakan, informatika identik dengan bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi yang canggih.

Kamu yang tertarik dengan Tehnik Informatika nantinya dapat bekerja sebagai Programer hingga menjadi inteligent di semua perusahaan industri, terutama industri telekomunikasi yang saat ini sedang berkembang-kembangnya.

Ilmu Farmasi

Walau bukan dokter, tapi lulusan Ilmu Farmasi bisa dikatakan sama pentingnya dengan dokter. Bagaimana tidak, saat kita sakit dan berobat ke RS, tentulah kita membutuhkan obat seperti yang disarankan oleh dokter yang memeriksa.

Perlu diketahui, lulusan Farmasi tidak melulu hanya tentang obat-obatan yang menyembuhkan penyakit ya sob. Mereka juga mengambil andil dalam dunia kosmetik dan kecantikan.

Bagi kamu lulusa  Farmasi, prospek kerja berikut bisa jadi pertimbangan yang bagus buat kamu, seperti RS, Industri obat-obatan (Kalbe Farma, Bayer), Industri Kosmetik (Mustika Ratu, Wardah) dan masih banyak lagi.

Ilmu Bisnis dan Ekonomi

Siapa bilang menjadi seorang pengusaha itu tidak butuh gelar atau kuliah? Padahal dengan memperdalam ilmu di Universitas sebagai lulusan Ilmu Bisnis dan Ekonomi kamu akan lebih terampil saat memulai bisnis atau usaha kamu.

Bagaimana tidak, karena dalam jurusan Bisnis dan Ekonomi kamu akan mendapat berbagai macam keterampilan yang kamu butuhkan untuk menjalankan usaha kamu, seperti administrasi hingga kewirausahaan.

Perlu diketahui juga, hampir semua industri pekerjaan membutuhkan seseorang dari lulusan Ilmu Bisnis dan Ekonomi sebagai ahli ekonomi mereka.

Ilmu Komunikasi

Untuk mendapatkan respon yang baik dari lawan bicara bukanlah hal yang gampang. Untuk mendapati hal tersebut dibutuhkan kepandaian dan ketepatan dalam memberikan informasi sehingga tersampaikan dengan baik kepada lawan bicara.

Berkaitan dengan penjelasan di atas, jurusan Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komunikasi manusia. Beberapa bidang ilmu yang mempelajari hal tersebut adalah sebagai berikut; Broadcasting, Jurnalistik, Publik Relations, dan Advertising.

Kedokteran Hewan

Mengingat yang membutuhkan perawatan dan penanganan saat sakit bukan hanya manusia, oleh karena itulah peran dokter hewan sangat dibutuhkan saat ini.

Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai untuk lulusan Kedokteran Hewan adalah sebagai berikut; Veterinarian, Kebun Binatang, Konservasi Hewan.

Ilmu Statistika

Jika kamu memiliki keahlian di mata pelajaran Matematika saat duduk di bangku sekolah, sepertinya jurusan Ilmu Statistika menjadi pilihan yang tepat bagi kamu jika ingin melanjut ke bangku Universitas. 

Disini, Ilmu Matematikamu akan diaplikasikan untuk mengolah tehnik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan dan perencanaan dalam bisnis, telebih dalam dunia industri.

Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai untuk lulusan Ilmu Statistika adalah sebagi berikut; Perbankan, Instansi Pemerintahan dan Swasta seperti BPJS dan LIPI.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment