Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Resmi!! Per 1 Maret 2021, Kredit Mobil dan Motor Bisa Tanpa DP


Seruan.id -
Bank Indonesia (BI) resmi menurunkan batas uang muka atau yang biasa disebut dengan Down Payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang akan dimulai pada 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021 mendatang. Aturan berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baru. 

Gubernur BI Perry Warjino mengatakan, Kebijakan tersebut sengaja dikeluarkan bank sentral nasional untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif. 

"Melonggarkan uang muka kredit kendaraan bermotor 0 persen untuk semua jenis kendaraan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian. Berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021," ujarnya, Kamis (18/2/2021).

Pelonggaran ini dilakukan sejalan dengan kebijakan pemerintah yang sudah membebaskan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Nantinya, pajak mobil baru ditanggung pemerintah sebesar 100 persen selama tiga bulan mulai 1 Maret 2021.

Selanjutnya, pemerintah akan memberi potongan pajak sebesar 50 persen dari tarif pajak pada tahap kedua atau tiga bulan berikutnya. Lalu, pada tahap ketiga, potongan pajak yang diberikan tinggal 25 persen.

Syaratnya, relaksasi pajak ini hanya bisa dinikmati oleh mobil di bawah atau sama dengan 1.500 cc, yaitu untuk kategori mobil sedan dan mobil 4x2.

Selain itu, Bank Indonesia juga melonggarkan loan to value kredit dan pembiayaan properti menjadi 100%. Relaksasi ini berlaku untuk semua jenis properti, yaitu rumah tapak, rumah susun, ruko dan rukan bagi bank yang memenuhi kriteria NPL tertentu.

Bank Indonesia juga menghapus ketentuan pencarian bertahap properti indent untuk mendorong pertumbuhan kredit properti dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Hal Ini juga berlaku efektif dari 1 Maret 2021-31 Desember 2021.
Related Posts
Pricilyahtjl
Writing is the art of creating life

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment