-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Perbedaan Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 yang Tidak Dipelajari di Sekolah

 

Perbedaan Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 yang Tidak Dipelajari di Sekolah

Sejarah, Seruan.id - Pada saat duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sering kali kita mendegar tentang Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 pada Mata Pelajaran Sejarah.

Namun walau sering dan dijelaskan oleh guru mata pelajaran yang setiap harinya berkoar-koar, ternyata banyak dari siswa ataupun masyarakat yang hingga saat ini tidak mengetahui apa perbedaan antara kedua perang dunia tersebut secara detail.

Hal ini kelihatannya sepele, tapi mengingat perkataan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang sudah berjuang mati-matian demi Bangsa Indonesia pada masanya membuat kita harus berpikir dua kali jika ingin melupakannya ataupun jika kita hendak mengabaikannya.

"Jas Merah, jangan pernah melupakan sejarah," salah satu pesan berharga Ir. Soekarno kepada generasi muda Indonesia.

Lantas, apasih yang membedakan antara perang dunia satu dan perang dunia dua?

Supaya tidak bertele-tele, berikut Tim Seruan.id akan menjelaskan secara rinci mulai dari penyebab, tujuan, hingga jumlah korban yang tumbang pada masing-masing perang dunia tersebut.


Perang Dunia I

Seperti yang kita ketahui perang dunia satu berlangsung selama 4 tahun, yakni pada tahun 1914 - 1918.

Dimana pada perang dunia satu terdapat dua kubu yang berperang yakni kubu pertama yang disebut Blok Sentral, terdiri dari beberapa negara seperti Jerman, Austria, dan Turki. Sedangkan kubu kedua disebut Blok Sekutu, terdiri dari Perancis, Inggris, Rusia, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat.

Pada dasarnya perang dunia satu terjadi akibat adanya perang antar negara dengan tujuan untuk memperebutkan wilayah dan sumber daya alam dan dipicu oleh terbunuhnya Putra Mahkota Austria, Franz Ferdinand.

Dalam perang dunia satu, setidaknya menewaskan 20 juta jiwa, baik itu warga sipil maupun militer.


Perang Dunia II

Perang dunia dua berlangsung selama 6 tahun, yakni pada tahun 1939 hingga 1945.

Tidak berbeda dari perang dunia sebelumnya, perang dunia dua juga terdiri dari dua kubu. Kubu pertama disebut dengan nama Blok Poros, yang terdiri dari Jerman, Jepang, dan Italia. Sedangkan kubu kedua disebut Blok Sekutu, yang terdiri dari Perancis, Inggris, AS, Uni Soviet. dan China.

Perang ini terjadi akibat adanya perang ideologi, seperti fasisme dan komunisme dan dipicu oleh invasi Nazi Jerman ke Polandia.

Pada perang dunia dua sebanyak 60 juta jiwa tewas dan ribuan orang kelaparan akibat dampaknya.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment