-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Kilas Update : Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 6,5


Enggano Bengkulu, Seruan.id - Pada Rabu (10/02/2021) diguncang Gempa bumi Magnitudo 6,5 mengguncang pada sekitar pukul 19.52 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut berlokasi di 5.63 Lintang Selatan, 101.60 Bujur Timur atau 80 KM Barat Daya Enggano, Bengkulu.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan terkait kerusakan akibat guncangan gempa tersebut.

"Hingga hari Rabu, 10 Februari 2021 pukul 20.57 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resmi.

BMKG pada kesempatan tersebut juga menjelaskan gempa ini jenis gempa bumi dangkal dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Berdasarkan  hasil analisis BMKG dari mekanisme sumber, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak Gempa dan Tidak Potensi Tsunami

Getaran gempa di Enggano disebut bisa terasa di dalam rumah, atau terasa seperti truk sedang berlalu. Lalu di kota Bengkulu dan Kepahiang getaran membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Bambang.

Pemerintah dan BMKG menghim bau kepada masyarakat agar tetap tenang, menghindari bangunan yang retak atau rusak karena gempa. Selain itu warga juga disarankan memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tidak mengalami kerusakan yang membahayakan kestabilan sebelum kembali ke rumah.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment