-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Kenali Gangguan Kesehatan Mental: Cobalah Menjadi Pendengar yang Baik

Ilustrasi dilangsir dari https://www.ui.ac.id/isu-kesehatan-jiwa-di-kalangan-anak-muda/

Kesehatan, Seruan.id- Gangguan kesehatan mental adalah suatu penyakit yang mempengaruhi emosi, pikiran dan perilaku penderita. Tubuh manusia merupakan perpaduan unsur jiwa dan raga. Kedua unsur tersebut saling berpengaruh, ketika jiwa mengalami masalah maka tubuh juga mengalami gangguan. Pemikiran tentang bagaimana pentingnya menjaga kesehatan jiwa sangat rendah di kalangan masyarakat. Serta pemahaman adanya gangguan mental yang jarang dipahami.

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis gangguan mental:

1. Bipolar Disorder
Bipolar Disorder  adalah gangguan mood. Terjadi perubahan mood yang berlangsung lama, perubahan mood ini tidak berlangsung sejam atau bahkan semalam melainkan sampai berhari-hari dan berbulan-bulan. Perubahan mood yang dihadapi  penderita melewati dua fase yaitu fase mania dan fase depresi. Fase mania adalah kondisi dimana penderita memiliki semangat yang luar bisa dalam melakukan sesuatu. Fase ini juga dapat disebut sebagai fase bahagia yang benar-benar bahagia. Fase depresi adalah kondisi penderita mengalami kesedihan yang berkala lama dan menyiksa si penderita.

2. Bipolar Skizofrenia
Bipolar Skizofrenia merupakan gangguan realita. Gangguan ini menyebabkan penderita mengalami halusinasi. Penderita cenderung mendengar bisikan yang merupakan suara dirinya sendiri, suara itu sering mempengaruhi si penderita melakukan hal yang tidak baik

3. Obsessive Compulsive Disorder
 Obsessive Compulsive Disorder merupakan gangguan kepanikan. Penderita  Obsessive Compulsive Disorder sering kali memiliki pemikiran dimana ia harus melakukan apa yang sedang ia pikirkan. Ketika ia merasa tangannya kotor maka ia akan mencuci tangan bahkan melakukannya terus menerus.

4. Anxiety Disorder
Anxiety Disorder merupakan gangguan yang membuat si penderita tidak dapat melakukan apa-apa. Gangguan ini membuat jantung si penderita berdeguk kencang dan si penderita akan diam. 

Seseorang yang sedang mengalami gangguan kesehatan mental seperti di atas, sebaiknya segera mendatangi psikolog terdekat atau menghubungi psikologi via telpon atau online. Gangguan kesehatan mental sangat perlu dipandang serius karena dapat mengganggu kehidupan pribadi dan orang disekitar. Penanganan serius juga dianjurkan agar penderita tidak mengalami gangguan yang berkepanjangan.

Belajarlah menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang yang sedang berbagi kesedihan. Seseorang yang sedang mengalami gangguan mental sangat membutuhkan orang-orang yang mau mendengar mereka dengan sepenuh hati. Ketika seseorang sedang berbagi kedukaannya jangan menjudge karena kita tidak pernah tahu seberapa besar luka batin seseorang. Mari belajar menghargai perasaan dan peduli.
Related Posts
Nataria Sinulingga
Kau adalah apa yang Tuhan mau dan yang kau tau.

Related Posts

Post a Comment