-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Berstatus Siaga

https://magma.vsi.esdm.go.id/img/ga/SIN/SIN202102131200.png Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Berstatus Siaga 

Seruan.id - Gunung Sinabung  yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat 12 Februari 2021 kembali erupsi. Erupsi kali ini meluncurkan guguran awan panas sejauh dua kilometer.

Dalam penyampaiannya kepada wartawan, Armen Putra yang bertugas sebagai Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung , menyampaikan  bahwa luncuran abu awan panas ini terpantau bergerak menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung  pada Jumat sore, 12 Februari 2021.

Guguran awan panas Gunung Sinabung bergerak sejauh 1 Kilometer ke arah timur, tenggara, dan selatan. Selanjutnya dilaporkan juga bahwa guguran awan panas Gunung Sinabung  tercatat dengan amplitudo 120 mm berdurasi gempa selama 159 detik bersuhu udara sekitar 18-26°C..

Gunung Api yang memiliki posisi geografis di Latitude 3.17°LU, Longitude 98.392°BT dengan ketinggian 2460 mdpl hingga saat ini (Sabtu - 13 Februari 2021, periode 06:00-12:00 WIB) berstatus Level III (Siaga). Status kegempaan Gunung Sinabung  juga mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Dalam laporan MAGMA, direkomendasikan untuk masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. 

Kemudian jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau menggunakan masker jika keluar rumah demi mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik serta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. 

Masyarakat juga diingatkan terlebih yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung   agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Related Posts
A-L-S
Jatuh dan Tenggelam Itu Sudah Biasa, Terbang Saja yang Tak Biasa

Related Posts

Post a Comment