-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Kalahkan Telkomsel: Benarkah Smartfren Menjadi Operator Seluler Terbaik di Indonesia?

 

Kalahkan Telkomsel: Benarkah Smartfren Menjadi Operator Seluler Terbaik di Indonesia?

Teknologi, Seruan.id - Berbicara mengenai kecepatan jaringan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kesehariannya, sebuah tim riset bernama Firma Riset Mobile Analitik Opensignal melakukan sebuah analisis mengenai operator seluler terbaik yang ada di Indonesia.

Dalam analisis kali ini, Opensignal menganalisis beberapa kategori yang mereka jadikan sebagai bahan penilaian. Mulai dari kecepatan internet, ketersediaan jaringan 4G, hingga kualitas jaringan saat dipakai untuk bermain video game yang notabenenya sedang marak digunakan oleh masyarakat.

Adapun beberapa jenis operator seluler yang dilibatkan oleh Opensignal dalam riset kali ini diantaranya adalah Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata. Mereka melakukan riset atau uji coba selama 90 hari.

Dimana riset tersebut telah dilaksanakan sejak 1 Agustus 2020 lalu pada kancah nasional dan di 28 kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Sejauh ini penilaian terbaik secara umum masih dipegang kendali oleh anak perusahaan Telkom, yakni Telkomsel, seperti pengalaman menonton video, kecepatan mengunduh, kecepatan unggah, hingga cakupan jaringan 4G yang lebih luas.

Sedangkan jika ditarik lebih detail, contohnya seperti pengalaman bermain video game dan pengalaman aplikasi suara, Operator Seluler Tri berhasil mendudukan peringkat teratas.

Sementara itu, untuk masalah ketersediaan jaringan 4G dimenangkan oleh Smartfen.

"Dengan empat penghargaan, Telkomsel kembali mendominasi penghargaan pengalaman jaringan seluler untuk Indonesia, memenangkan dua kali lipat jumlah penghargaan dari operator lain," terang perwakilan Opensignal.

Tapi jika diperhatikan secara rinci, walaupun Telkomsel berhasil menjadi operator seluler terbaik secara umum. Opensignal juga mengatakan bahwa operator seluler lainnya juga menunjukkan perkembangan yang signifikan seiring berjalannya waktu.

Seperti contoh, Indosat dan Tri yang kini sudah sejajar dengan Telkomsel di posisi Good.

Opensignal melihat perkembangan yang yang luar biasa dari kedua operator seluler tersebut, seperti Tri yang berhasil maju ke posisi terdepan mengenai aplikasi suara, bahkan unggul juga pada bidang pengalaman bermain game.

Begitu juga dengan operator seluler Smartfren yang menunjukkan beberapa kemajuan dari sebelum-sebelumnya. Ya walaupun hal itu belum bisa mengejar ketinggalan mereka dari pesaing lainnya, terutama dalam hal metrik kecepatan internet seperti yang ditentukan oleh Opensignal.

Opensignal meyakini, pandemi Covid-19 juga turut membuat pengalaman jaringan seluler di Indonesia menjadi lebih baik akibat aktifitas orang-orang yang beralih dari fisik ke digital.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment