-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Biografi dan Fakta Menarik Ilmuan Albert Einstein

 

Jika kita membahas para ilmuan terkenal dengan berbagai temuannya yang sangat besar di dunia, maka nama Albert Eistein tetap jadi yang paling dikenal oleh semua orang. Albert Einstein adalah ilmuwan fisika teoritis yang dipandang luas sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan juga sangat populer di abad ke-20. 

Albert mengemukakan teori relativitas dan banyak menyumbang bagi para pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan juga kosmologi. Albert dianugeragi penghargaan Nobel dalam fisika atas pengabdiannya di tahun 1921. Salah satu rumus yang paling populer dan membuatnya banyak dikenal orang adalah E = mc2, ini adalah rumus teori relativitas. Berikut Biografi dan beberapa fakta dari Ilmuan Albert Eistein.

A.    Biografi Albert Einstein

Nama Lengkap : Albert Einstein

Lahir : Jerman, 14 Maret 1879

Wafat : Amerika Serikat, 18 April 1955

Orang Tua : Hermann Einstein (ayah), Pauline (ibu)

Istri : Elsa Einstein (1919), Mileva Maric (1903)

Anak : Eduard, Lieserl dan Hans Albert

Tanggal Meninggal: 18 April 1955

Tempat Meninggal: Princeton Medical Center, New Jersey, Amerika

 

Lahir pada tanggal 14 Maret 1879 Albert Einstein kecil tinggal di Jerman pada saat kerajaan Wurttemberg. Layaknya anak seusianya dahulu, dia bermain dan belajar dengan senang hati. Banyak yang tidak tau bahwa kehidupannya juga semenarik temuan-temuannya yang luar biasa.

B.    Fakta dan Cerita dari seorang Albert Einstein

 

1.     Pendidikan Albert Einstein

Einstein kecil pernah bersekolah di SD Katolik Munich selama tiga tahun saja, tepatnya di umur 8 tahun dipindahkan ke Gimnasium Luitpold. Disitulah tempat dia melanjutkan pendidikan sampai jenjang SMA. Saat usianya 15 tahun keluarganya pindah ke Pavia, namun sang ayah tak mengajaknya ikut serta.

Einstein kerap berselisih dengan guru di sekolahnya, karena menganggap metode yang mereka ajarkan dengan hafalan-hafalan yang ketat justru membuat ide kreatif dan pemikiran kritisnya semakin menghilang. Padahal dia sering melakukan pembuktian banyak teori  di rumahnya.

2.     Sering Melakukan Eksperimen

Usia keemasan dihabiskan Albert untuk melakukan banyak percobaan, karena dia unggul dalam matematika bukan hal sulit membuatnya cepat mengerti pelajaran yang diajarkan. Saat usianya menginjak 12 tahun Einstein mulai mempelajari secara otodidak aljabar dan geometri Euclides.

Tak hanya itu, rumus phytagoras juga tak luput dari serangkaian percobaannya, dalam waktu singkat di usia 12 tahun. Bahkan berbagai macam buku teks geometri telah dibacanya dan dirampungkannya sampai saat menginjak 14 tahun Einstein mengaku sudah hampir kalkulus integral bahkan diferensial.

 

3.     Bocah Autisme yang di cap Bodoh

Di waktu kecilnya Albert Einstein dikenal sebagai bocah autisme yang sangat nampak terbelakang karena kemampuan bicaranya amat terlambat. Wataknya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November 1981 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Sampai usia tujuh tahun ia suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.

Minat dan kecintaannya pada bidang ilmu fisika muncul pada usia lima tahun. Ketika sedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya menghadiahinya sebuah kompas. Albert kecil terpesona oleh keajaiban kompas tersebut, sehingga ia membulatkan tekadnya untuk membuka tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam.

Meskipun pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya, Ia tetap mampu berprestasi di sekolahnya. Raportnya bagus dan ia menjadi juara kelas. Selain bersekolah dan menggeluti sains, kegiatan Albert hanyalah bermain musik dan berduet dengan ibunya memainkan karya-karya Mozart dan Bethoveen.

 

4.     Tidak Lulus Ujian Masuk SMA

Walaupun mempunyai otak cemerlang, Einstein sempat mengalami kegagalan pada ujian masuk ke Politeknik Federal Swiss. Nilainya saat itu tidak memenuhi kriteria ujian pengetahuan umum, namun mendapatkan hasil yang luar biasa pada matematika dan fisika, bidang kesukaannya.

Akhirnya Albert Einstein memilih untuk masuk di sekolah kanton Argovian di Swiss. Proses belajar tersebut dilaluinya dengan mudah saja, tepat pada September 1896 Einstein lulus ujian akhir siswa SMA (MATURA) di usia 18 menuju 19 tahun dengan hasil yang memuaskan baik di pengetahuan umum maupun fisika dan matematika.

5.     Tidak Ikut Wajib Militer

 

Saat itu ada wajib militer untuk warga negara Jerman, namun Einstein justru memilih kewarganegaraannya demi lolos dari kewajiban tersebut. keputusan tersebut juga didukung oleh sang ayah. Lalu apa saja kontribusinya untuk kehidupan umat manusia ?

 

6.     Einstein dan Gerakan Brownian

Di artikel pertamanya di tahun 1905 bernama “On the Motion Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid“, mencakup penelitian tentang gerakan Brownian.Menggunakan teori kinetik cairan yang pada saat itu kontroversial, dia menetapkan bahwa fenomena, yang masih kurang penjelasan yang memuaskan setelah beberapa dekade setlah ia pertama kali diamati, memberikan bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan pada atom.

Dan juga meminjamkan keyakinan pada mekanika statistika, yang pada saat itu juga kontroversial. Sebelum thesis ini, atom dikenal sebagai konsep yang berguan, tetapi fisikawan dan kimiawan berdebat dengan sengit apakah atom benar suatu benda yang nyata. Diskusi statistik Einstein tentang kelakuan atom memberikan pelaku eksperimen sebuah cara untuk menghitung atom hanya dengan melihat melalui mikroskop biasa.

Wilhelm Ostwald, seorang pemimpin sekolah anti-atom, kemudian memberitahu Arnold Sommerfeld bahwa ia telah berkonversi kepada penjelasan komplit Einstein tentang gerakan Brownian.

7.     Einstein dan Penyesalannya

Apa hubungannya Einstein dan Bom Atom? Rumus Relativitas Umum yang diciptakan oleh Albert Einstein merupakan salah satu dasar dari prinsip kerja Bom Atom. Atas desakan dari salah satu pakar fisika bernama Leo Slizard, Einstein kemudian menulis surat kepada Presiden Roosevelt yang memperingatkan bahwa reaksi fisi atom dapat digunakan untuk menciptakan bom dengan kekuatan ledakan yang sangat dahsyat.

Dari surat ini kemudian, Roosevelt kemudian membentuk komite yang kemudian menciptakan Project Manhattan’ dengan tujuan mengembangkan senjata bom atom. Setelah bom atom berhasil meledak di Hiroshima dan Nagasaki membuat Jepang menyerah pada tahun 1945 dan mengakhiri perang dunia II. Namun dibalik itu Einstein juga menunjukan penyesalan akibat dari bom atom tersebut sebab korban akibat bom tersebut berjumlah ratusan ribu jiwa.

C.    Karya-karya Ilmiah Albert Einstein

Pengaruh penemuan Einstein untuk umat manusia tidak diragukan lagi, namun apakah Anda sudah mengetahui semuanya? karena banyak orang yang hanya mengetahui gaya gravitasi bumi saja dari sekian banyak temuannya. Berikut pemaparan beberapa karya dari seorang jenius dunia ini:

a.      Gelombang Gravitasi

Karena temuannya ini Einstein banyak membantu kehidupan manusia di zaman selanjutnya. Bahkan sampai dengan sekarang gaya gravitasinya tetap digunakan untuk menciptakan beberapa terobosan dalam ilmu sains dan teknologi.

Belakangan ini ilmuan menemukan pembuktian dari teori gelombang gravitasi miliknya, ceritanya tentang lubang hitam, konsep ruang dan waktu semuanya memang ada kaitannya dengan gelombang gravitasi. Berkat temuannya, dunia sains sangat terbantu dalam megembangkan fisika atom, nuklr dan kuantum.

b.     Relativitas Umum

Temuannya kali ini bisa dikatakan sebagai karya paling mutakhir dari penggabungan seperti gravitasi dan relativitas khusus. Bagi para ilmuwan dan dunia kedokteran teori relativitas umum bisa menjadi hal sangat penting walaupun banyak orang tidak terlalu mengharapkannya.

Ketika Anda memandang sebuah sistem pada bagian tubuh seperti jari-jari, jauh lebih kecil daripada massa, atau massa jauh lebih besar daripada jari-jari itu sendiri. Teori ini  menjadi sangat kompleks karena selalu berkaitan dengan ruang waktu, perambatan cahaya, bahkan bisa menjelaskan bagaimana gravitasi bukan hanya sebuah gaya.

c.      Persamaan Medan Einstein

Persamaan ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1915 dalam  bentuk persamaan tensor. Yaitu objek aljabar yang menggambarkan sebuah hubungan (multilinear) dan juga ruang waktu lokal dengan energy dan momentum lokal dalam ruang waktu tersebut.

Banyak lagi penemuan-penemuan Albert yang banyak membantu bagi kehidupan sehari-hari manusia, tak akan ada habisnya jika membahas satu-satu perihal penemuan-penemuannya yang sering dianggap gila. Namun nyatanya membawa manfaat bagi peradaban sekarang.

 

D.    Eksperimen Albert Einstein

banyak yang tidak tau bapak fisika satu ini sudah banyak membuat temuan-temuan hebat yang berawal dari eksperimen-eksperimen gila. Berikut beberapa pikiran gila seorang Einstein yang akhirnya mengubah pikiran dan berguna untuk kehidupan di zaman sekarang

  • Membuktikan adanya perbedaan ruang dan waktu
  • Waktu bergerak lebih lambat kepada orang yang mendekati kecepatan cahaya
  • Gravitasi bisa berdampak pada ruang dan waktu
  • Waktu bergerak secara berbeda untuk orang yang bergerak dibandingkan yang berdiam diri

E.    Fakta-fakta Menarik Tentang Albert Einstein

Tak banyak yang tau seorang Albert Einstein juga sempat mengalami berbagai kegagalan dalam hidupnya. Berikut fakta-fakta menarik Penemu relativitas gaya dan waktu, dijamin bakal bikin melongo Anda yang baru mengetahuinya

a)     Mengalami Keterlambatan Bicara

Pemilik IQ tertinggi dalam sejarah kehidupan manusia ini ternyata saat kecil sempat mengalami keterlambatan bicara. Walaupun pandai dalam hal akademis nyatanya Albert dinyakini sempat kesulitan dalam motoriknya.

Keterlambatan bicara ini terjadi bahkan saat Einstein belajar di Sekolah Dasar. Teman-temannya sudah lancar melafalkan percakapan namun Albert mengalami kendala mengenai hal tersebut. Mungkin karena sangat jenius motoriknya pun susah mengikuti pola pikirnya.

b)     Menikah Dua Kali

Mileva adalah gadis pertama yang dinikahi oleh Einstein, pada tahun 1903 Albert jatuh cinta pada seorang guru dari Titel, yaitu Mileva Maric. Akhirnya mereka menikah dan bahagia. Diyakini karya-karya dan penemuan Einstein banyak termotivasi oleh perempuannya ini.

Mileva Maric memberikan kontribusi signifikan pada karya dan kehidupan Albert Einstein, namun sayangnya mereka harus bercerai pada tahun 1919. Hubungan itu harus berakhir karena sudah berbeda visi misi. Hingga akhirnya Einstein menemukan pengganti yaitu sepupunya sendiri Elsa Lowenthal.

c)     Peraih Nobel

Kejeniusannya mengantarkannya ke berbagai penghargaan-penghargaan bergengsi.  Akhirnya Albert menerima penghargaan nobel fisika dalam kontribusinya untuk penemuan hukum efek fotolistrik, ini adalah sekian dari penemuan setelah beberapa kali memberikan sumbangsih bagi kehidupan manusia.

Sayangnya Albert tidak mendapatkan penghargaan yang sama untuk relativitas gravitasi, penemuan yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia bahkan sampai sekarang. Bahkan diyakini Albert lah yang mendorong Amerika Serikat membuat bom atom untuk menyerang tentara NAZI.

d)     Percaya Adanya Kehidupan Luar Angkasa

Orang jenius satu ini ternyata juga mempercayai adanya kehidupan lain di luar planet bumi. Banyak teorinya yang menguatkan pernyataan tentang dunia ‘ALIEN’. Dia pernah ikut menanggapi perihal UFO yang dipercaya sempat melintas dan menembus satelit bumi.

Saking jeniusnya setelah meninggal Einstein menyumbangkan otaknya untuk diteliti para ilmuwan dunia sebelum dikremasi untuk mengetahui kecerdasan luar biasanya. Dia meninggal di Princeton di usianya 76 tahun setelah menolak untuk dirawat dengan mesin.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment