-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Positif Covid-19? Tips Agar Tidak Stress Saat Menjalani Isolasi

 

Tips, Seruan.id – Mengetahui jika kita terinfeksi positif Covid-19 bukanlah sesuatu yang dikehendaki atau diinginkan oleh siapa pun. Banyak orang yang stress lantaran harus menjalani isolasi akibat terinfeksi Covid-19, padahal hal demikian bisa berdampak pada munculnya penyakit yang lain.

Stress berlebihan yang dibiarkan secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi pasien yang harus menjalani isolasi. Hal tersebut diungkap oleh Psikolog Team Leader SAHABATKU, Muhammad Chalid, M.Psikolog dalam TalkshowTetap Aman dan Imun di Tengah Pandemi Covid-19”.

Talkshow tersebut tayang pada chanel Youtube BNPB, pada Jumat 2 Oktober 2020 lalu.

Dalam Talkshow tersebut, Chalid menyebutkan bahwa jika pasien dalam keadaan stress berlebihan, akhirnya hal tersebut dapat menurunkan daya tahan tubuh atau imunitasnya. Hal itu diakibatkan oleh label negatif yang ia tempatkan dari dirinya sendiri.

Sebagai contoh dia baru dinyatakan positif dan isolasi beberapa hari, kemudian imunnya turun drastis. Ini karena ada keyakinan di dirinya bahwa istilahnya Covid-19 ini bisa cabut nyawanya,” terang Chalid.

Untuk mengatasi hal demikian, pasien sangat membutuhkan yang namanya support atau dukungan dari keluarga inti. Support bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari keluarga tersebut, namun dengan tujuan agar pasien akhirnya pulih dan sembuh.

Mereka harus saling support, bisa diberikan penguatan dari agama masing-masing . Saat isolasi juga jangan dibiarkan sendiri, komunikasi tetap lancar melalui chat, berikan kalimat positif ke mereka. Atau berikan voice note supaya dia terus beraktivitas,” saran Chalid.

Selain hal di atas, Chalid juga memberikan beberapa tips dalam mengelola pikiran agar tetap berpikir positif sehingga imunitas tetap terjaga.

Pertama, Coba berempati bahwa Covid-19 bukan hanya menyerang kita seorang, namun seluruh lapisan masyarakat dunia.

Kedua, sebisa mungkin kurangi stigma negatif terhadap pasien corona. Sebab bukan hanya pasien saja, stigma ini justru akan menurunkan imunitas keluarga pasien.

Ketiga, batasi diri dengan paparan berita yang beredar. Chalid menegaskan bahwa tidak semua informasi atau pemberitaan tentang Corona yang beredar di media sosial benar adanya. Hal itu hanya menakut-nakuti masyarakat yang lama-kelamaan membuat cemas sehingga akan berdampak menurunkan imun.

Keempat, Lindungi diri sendiri dan keluarga. Yakinlah bahwa diluar sana banyak virus berkeliaran dimana-mana. Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri dan keluarga  dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Kelima, beri dukungan kepada tenaga kesehatan yang sedang berjuang mati-matian berhadapan langsung dengan virus Corona dengan cara membuat pola hidup sehat dengan aktifitas fisik meski tidak berat.

Terakhir, hal ini sepele namun sangat penting. Biasakanlah untuk berjemur dibawah sinar matahari. Karena aktifitas seperti akan membantu meningkatkan imun kita.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment