-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Peneliti: Pemilik Golongan Darah O Lebih Kebal Terhadap Covid-19, Tapi Harus Tetap Waspada!

 

Kesehatan, Seruan.id – Kabar terbaru, dua penelitian terkait Covid-19 sekaligus, menyatakan bahwa pemilik golongan darah O memiliki kekebalan lebih baik dibanding golongan darah lainnya terhadap risiko terkena Covid-19 yang sedang mewabah di tengah masyarakat dunia saat ini.

Itu artinya, pemilik golongan darah O punya kerentanan lebih rendah untuk mengalami komplikasi virus Corona atau Covid-19. Namun para pelaku studi tersebut menyatakan bahwa tidak serta merta bisa diartikan “kebal”, sehingga harus tetap waspada.

Salah satu dari kedua penelitian tersebut dilakukan di Denmark. Dalam penelitian tersebut ditunjukkan bahwa hanya 38,4 persen pasien Covid-19 yang memiliki golongan darah O. Sementara pada populasi umum, golongan darah ini dimiliki oleh 41,7 persen warga Denmark.

Namun untuk kebaikan warga dunia, temuan ini belum bisa dikatakan pasti. Temuan ini juga tidak menjadikan pemilik golongan darah O benar-benar kebal. Artinya, apapun golongan darah seseorang, mereka harus tetap menjalankan semua protokol pencegahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah jika tidak mau terpapar oleh Covid-19.

Tidak ada manfaat bagi seseorang secara individual,” pesan Torben Barington, Profesor Imunologi dari University of Southern Denmark yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Semua bisa tertular Covid-19 dan semua harus melakukan pencegahan yang direkomendasikan untuk menurunkan risikonya,” tambahnya seperti di kutip dari laman Health.com.

 

Bagamana dengan Pemilik Golongan darah O di Indonesia?

Seperti kita ketahui, penelitian tersebut dilakukan di Denmark dan yang menjadi objek penelitian tentunya adalah masyarakat Denmark sendiri. Lantas, apa pendapat masyarakat Indonesia mengenai penelitian tersebut?

Mendengar kabar penelitian ini, banyak warga Indonesia yang senang dan bangga memiliki golongan darah O karena mereka merasa jika mereka punya kesempatan lebih besar untuk terhindar dari paparan Covid-19.

Namun tidak sedikit juga yang menentang penelitian tersebut dengan memberi beberapa fakta yang menyatakan bahwa pemilik golongan darah O tidak ada bedanya dengan golongan darah lain dimata virus Corona.

Saya selalu pemilik golongan darah O bangga atas pencapaian ini,” tulis seseorang pada postingan Instagram @detikcom.

Selain jadi penyelamat pendonor golongan darah lain, ternyata ada manfaat tersendiri untuk golongan darah O,” ujar pemilik akun @rarasmelia ikut berkomentar pada akun @detikcom.

Apa hubungannya golongan darah O? Ipar saya darah O tetap aja masuk wisma atlet, dia paling parah tuh sesak nafas, demam, mati rasa, pusing!” bantah pemilik akun @zen.zen29.

Dalam studi yang lain, disampaikan golongan darah O justru paling rentan terkena bakteri dan virus. Tapi apapun itu, semoga kita semua senantiasa sehat dan dijauhkan dari segala penyakit,” terang pemilik akun @sherana memberi pendapat dari sisi lain.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment