-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Wadidaw! Pertamina Tidak Akan Jual Pertalite dan Premiun Lagi, Ada Apa?

 

Seruan.id – Bagi kamu pengendara sepeda motor pasti bakal merasa terpukul mendengar kabar ini, pasalnya PT Pertamina merencanakan akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite.

Tentunya para pengendara sepeda motor harus mengecek isi dompetnya lagi jika hendak mengisi  bahan bakar kendaraan ke SPBU.

Sebab jika rencana tersebut terwujud, maka Pertamina hanya akan menjual Pertamax, dimana bahan bakar jenis satu ini diketahui memiliki harga paling mahal diantara ketiga jenis bahan bakar yang dijual oleh Pertamina tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara PT Pertamina dan Komisi VII DPR RI pada Senin, (31/08/2020).

Nicke Widyawati, selaku Direktur Utama Pertamina mengatakan bahwa penyederhanaan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) ini mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan No 20 Tahun 2019 yang mensyaratkan standar minimal RON 91.

Ia memaparkan, bahwa saat ini masih ada dua produk di bawah RON 91 yang masih dijual, yakni RON 88 (Premium) dan RON 90 (Pertalite).

Kita akan mencoba melakukan pengelolaan hal ini karena sebetulnya premium dan pertalite ini porsi komsumsinya paling besar,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari 7 negara yang masih menjual produk gasoline di bawah RON 90, yakni Bangladesh, Colombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, dan Indonesia.

Padahal Indonesia sendiri masuk dalam kelompok negara yang memiliki GDP 2.000 dollar US hingga 9.000 dollar US per tahun.

Nah berdasarkan klasifikasi tersebut, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memasarkan jumlah jenis produk BBM paling banyak, yakni 6 jenis produk.

Jadi itu alasan paling penting kenapa kita perlu mereview kembali varian BBM ini, karena benchmark 10 negara seperti ini,” ujar Nicke.

Di sisi lain, Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma mempertanyakan kesiapan kilang Pertamina seandainya jadi melakukan penyederhaan varian produk BBM.

Terkait penghapusan Premium dan Pertalite, bagaimana nanti kesiapan Kilang Pertamina untuk konfigurasi tersebut,” tanya Paramitha pada kesempatan yang sama.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment